suplemenGKI.com

Bacaan : Mazmur 6-22

PUJILAH TUHAN (Bagian 2)

PENGANTAR
Semua jemaat GKI “Ressud”, pasti tahu lagu KJ 64 Refrain lagu tersebut adalah sebagai berikut :

Maka jiwaku pun memujiMu sungguh besar Kau Allahku

Maka jiwaku pun memujiMu sungguh besar Kau Allahku

Lagu ini sangat terkenal dan enak dinyanyikan, mungkin kita juga sering menyanyikannya. Dalam lagu ini bukan saja terdapat alasan mengapa kita memuji Tuhan, Tetapi juga terdapat unsur Pengakuan Iman yaitu bahwa Tuhan adalah Mahabesar. Bukankah itu merupakan Pengakuan Iman yang luar biasa.

PEMAHAMAN
1. Dalam mengungkapkan Pujian terdapat unsur alasan “Mengapa memuji Tuhan”, tetapi juga terdapat unsur Pengakuan Iman. Bagaimana Pemazmur merangkumnya (mengungkapkannya)? (ayat 6-19)

2. Bagaimana kita seharusnya memuji Tuhan?

Bacaan kita hari ini berbicara tentang Tuhan yang penuh dengan Kasih Setia dan Belas KasihNya. Disini Pemazmur mengajak umat Tuhan yang lain untuk memuji Tuhan dan dalam pujiannya yang dinaikkan kepada Tuhan mengandung Pengajaran & Pengakuan Iman. Seperti apakah Pengakuan Iman Pemazmur?

1. Bahwa Tuhan adalah Pembela bagi orang-orang tertindas (ayat 6). Tuhan akan melakukan keadilan dan pembelaan bagi mereka.

2. Bahwa Tuhan adalah Penyayang dan Pengasih, Panjang Sabar dan berlimpah Kasih Setia (ayat 8). Inilah inti dari mazmur ini, hal ini tampak dalam sikapnya terhadap manusia berdosa (9-13). Dia murka apabila manusia berdosa, tetapi Tuhan tidak terus marah dengan memperhitungkan dosa kita, lebih dari itu yang dinyatakan hanyalah kasih setia yang tak terduga seperti Belas Kasih seorang Bapa kepada anak-anaknya, yang takut dan hormat kepadaNya (13). Selain itu jikalau Tuhan memperlakukan manusia yang berdosa dengan Kasih Setia dan Belas Kasihan ialah karena Tuhan melihat kepapaan kita (14), kita ini dari debu dan kembali ke debu, masa hidup kita singkat (15),  dan hidup yang singkat ini tidak dapat diulang. Namun kasih setia Tuhan itu abadi, turun termurun kepada orang yang takut kepadaNya (17-18).

3. Bahwa Tuhan adalah Raja Semesta Alam (19) TakhtaNya ada di surga. Oleh sebab itu Pemazmur berseru kepada para Malaikat (20-21) dan seluruh ciptaan (22) diajak untuk memuji Tuhan. Sebagaimana Pemazmur, dalam pujiannya terdapat unsur Pengakuan Iman, demikian juga kita dalam memuji Tuhan, seharusnya ada unsur Pengakuan Iman bahwa Tuhan adalah Pembela kita orang yang lemah. Tuhan adalah Penyayang, Pengasih, Panjang Sabar, Penuh Kasih Setia, Raja yang Layak menerima Hormat dan Pujian. Pujian bagi Tuhan harus terus bergema, disegala tempat karena Tuhan memang berkuasa atas segala sesuatu. Mari kita memuji Tuhan secara terus-menerus. Amin.

REFLEKSI
Renungkanlah! Apakah dalam memuji Tuhan ada unsur Pengakuan Iman bahwa Yesus adalah Tuhan, Raja, Bapa yang penuh kasih setia? Sudahkah saudara terus mengumandangkan pujian bagi Tuhan?

TEKADKU
Ya Tuhan, betapa pentingnya memuji Tuhan seraya mengaku dalam Iman bahwa Kristus adalah Tuhan.

TINDAKANKU
Hari ini saya mengakui bahwa perlu memuji dan mengajak orang lain memuji Kebesaran nama Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«