suplemenGKI.com

Kamis, 21 Mei 2020

20/05/2020

KRISTUS NAIK, KITA TURUN

Kisah Para Rasul 1:6-14

 

Pengantar
Jika padaku ditanyakan apa akan kusampaikan pada dunia yang penuh dengan cobaan,
aku bersaksi dengan kata, tapi juga dengan karya menyampaikan kasih ALLAH yang sejati.
T’lah tersedia bagi kita pengampunan dan anug’rah, kes’lamatan dalam KRISTUS, Putera-Nya.
K’rajaan ALLAH penuh kurnia itu berita bagi isi dunia. “ 

Itulah syair bait kedua lagu “ Jika padaku ditanyakan” (Kidung Jemaat 432).  Lagu ini mengingatkan kita akan tugas panggilan kita menjadi saksi KRISTUS. Apakah kita telah menyadari dan melaksanakan tugas panggilan ini? Marilah kita merenungkannya!

Pemahaman

  • Ayat 6   : Apakah yang menjadi pengharapan murid-murid KRISTUS?
  • Ayat 7-8: Apakah pesan KRISTUS kepada para murid-Nya?
  • Ayat 9-11: Mengapa para murid mendapatkan peringatan saat mereka menatap ke langit?
  • Ayat 12-14: Apakah yang dilakukan para murid setelah KRISTUS naik ke sorga?

Bacaan Alkitab hari ini dimulai dengan sebuah pertanyaan: “TUHAN, maukah Engkau pada saat ini memulihkan kerajaan bagi Israel?” Mengapa para murid menanyakan hal ini? Sebenarnya  ini adalah pertanyaan yang  masuk akal dalam konteks pada masa itu. Pada waktu itu masyarakat Yahudi hidup dalam penjajahan Kekaisaran Romawi. Pemimpin mereka (Herodes dan orang-orangnya) sangat korup. Sistem hukum kacau. Ekonomi juga dalam kondisi buruk. Segala sesuatu kacau balau. Para pemimpin agama mereka baru saja bersekongkol dengan para pejabat Romawi untuk menyalibkan YESUS yang baru saja bangkit. Setelah kebangkitan KRISTUS, para murid-murid dan seluruh pengikut YESUS yakin bahwa KRISTUS adalah Mesias yang bisa diharapkan untuk menyelamatkan Israel. Maka tidak heran bila mereka mengemukakan pertanyaan tentang pemulihan Kerajaan Israel.

TUHAN YESUS merespons pertanyaan itu dengan meluruskan pemahaman mereka. Pertanyaan mereka memang beralasan tetapi tidak relevan dengan misi yang akan mereka terima. Dengan kata lain, TUHAN YESUS mau mengatakan “ Soal waktu yang tepat buat pemulihan Israel adalah  urusan BAPA. Urusanmu adalah menjadi saksi, dan untuk itu kamu diperlengkapi dengan kuasa bila ROH KUDUS turun atasmu”. Kuasa (Yun. _dunamis_) bukanlah sekadar kekuatan atau kemampuan; istilah ini menunjuk kepada kuasa yang bekerja, yang bertindak, yang menjadi motor penggerak untuk melakukan tugas panggilan sebagai saksi KRISTUS.

Para murid diingatkan tentang hal penting yang perlu segera dilakukan yaitu berkarya menjadi saksi bukan hanya menanti kelepasan atau pemulihan. Oleh karenanya ketika mereka termangu-mangu menatap langit, mereka pun diingatkan kembali agar jangan terlalu lama terpesona menatap langit yang penuh kemuliaan sebab KRISTUS akan datang kembali dengan cara yang sama. Saat KRISTUS datang kembali mereka akan diminta pertanggungjawaban karya sebagai saksi KRISTUS.

Peristiwa kenaikan KRISTUS adalah peristiwa penting bagi para murid di masa itu dan kita semua. Bila KRISTUS telah naik ke sorga mulia, kita para pengikut-Nya mesti melanjutkan karya. Kita  perlu segera “turun lapangan” untuk beraksi menjadi saksi. Jangan takut dan ragu sebab TUHAN YESUS tidak meninggalkan kita. Roh-Nya yang kudus akan menyertai kita.

Untuk mempersiapkan pelaksanaan tugas panggilan ini maka para murid beserta beberapa perempuan serta Maria ibu YESUS kembali ke Yerusalem dari bukit Zaitun. Mereka semua bertekun dan sehati dengan berdoa bersama-sama. Doa adalah kekuatan dalam membangun kebersamaan dan persekutuan. Doa adalah dasar kekuatan kita dalam melakukan pelayanan serta segala tantangan dan pergumulan yang kita hadapi.

Refleksi
Dalam keheningan, ingatlah sudah berapa lama Saudara menjadi pengikut KRISTUS? Apakah selama ini Saudara telah melaksanakan tugas panggilan menjadi saksi KRISTUS ? Apakah Saudara pernah mendoakannya? 

Tekadku
Ya TUHAN mampukanlah aku untuk menjadi saksi-Mu dalam kehidupan sehari-hari.

Tindakanku

  • Aku akan berjuang menjadi saksi KRISTUS melalui perkataan dan perbuatan setiap hari.
  • Aku akan terus mendoakan karya kesaksian yang dilakukan melalui pelbagai media dan para saksi KRISTUS yang sedang berjuang di berbagai belahan dunia.
Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»