suplemenGKI.com

Kamis, 21 Mei 2015

20/05/2015

Mazmur 104:31-35

MEMULIAKAN ALLAH UNTUK SELAMANYA

 

Pengantar
Pernahkah kita datang berkunjung ke suatu daerah yang memiliki pemandangan yang indah? Atau pernahkah kita mengambil waktu sejenak di malam hari untuk menyaksikan keindahan langit yang bertabur bintang? Siapa pun kita pasti pernah menyaksikan pemandangan indah yang membuat kita mengagguminya. Pemazmur mengaggumi keindahan alam semesta. Kekagumannya itu dituangkannya dalam madah indah yang menjadi bacaan kita pada hari ini. Seperti apakah kekaguman pemazmur menyaksikan keindahan alam semesta? Dan bagaimanakan dia merefleksikannya? Mari kita memperhatikan bacaan yang terdapat dalam Mazmur 104:31-35.

Pemahaman

Ayat 31-32           Bagaimanakah pemazmur memandang karya ciptaan ALLAH itu?

Ayat 33-34           Bagaimanakah sikap pemazmur dalam merespon karya ALLAH?

Ayat 35                 Pengharapan apakah yang terkandung dalam pujian pemazmur?

Pemazmur sangat mengagumi karya ciptaan ALLAH sehingga ia berharap kesemuanya itu tetap ada untuk selamanya (ayat 31). Pemazmur menyadari bahwa alam semesta beserta seluruh peristiwa alam yang terjadi merupakan karya kasih ALLAH yang luar biasa. Hal itulah yang mendorong pemazmur ingin terus memuji dan memuliakan nama TUHAN disepanjang kehidupannya (ayat 33-34). Pemazmur berharap TUHAN berkenan menyingkirkan siapapun yang menjadi penghalang baginya untuk dapat terus memuji dan memuliakan nama TUHAN (ayat 35). Melalui nyanyiannya pemazmur hendak memperlihatkan rasa takut dan hormatnya yang besar kepada ALLAH yang telah menciptakan segala sesuatu. Baginya tidak ada allah lain yang mampu melakukan semuanya itu selain ALLAH Israel, ALLAH yang esa.

Refleksi
Betapa luar biasanya sikap pemazmur dalam menghayati karya kasih ALLAH yang nyata melalui ciptaan-NYA.  Adakah diantara kita yang memiliki sikap seperti pemazmur? Pernahkah kita bersyukur atas alam yang ALLAH sudah berikan? Adakah rasa takut dan hormat dalam diri kita ketika menyaksikan alam semesta dan seluruh peristiwa alam yang terjadi dalam kehidupan ini? Adakah kerinduan dalam diri kita untuk terus memuji dan memuliakan nama TUHAN disepanjang kehidupan kita?

Tekad
Ya ALLAH mampukan saya untuk selalu mengucapsyukur atas segala sesuatu yang Engkau telah berikan. Mampukan saya untuk terus memuji dan memuliakan nama TUHAN melalui ucapan dan tindakan.

Tindakan
Mulai hari ini saya mau belajar untuk selalu mengucapsyukur dan tidak berhenti untuk memuji dan memuliakan nama TUHAN disepanjang kehidupan yang TUHAN anugerahkan

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»