suplemenGKI.com

Kamis, 21 Juli 2016

20/07/2016

Berdoa Dalam KehendakNya

Lukas 11:1-13

 

Pengantar
Seringkali pemahaman doa dimengerti dengan sebuah “permintaan”, berdoa hampir identik dengan “meminta”, terlebih lagi meminta untuk kepentingan diri sendiri. Sehingga kalau seorang  merasa hidupnya penuh kecukupan bisa jadi  ia tidak atau kurang “berdoa”. Bagaimana bagian ini menjelaskan tentang arti doa bagi kita semua. Pemahaman
Ay 1, Apa yang diminta murid-muridNya kepada Yesus?

Ay 2-4, Apa yang diajarkan Yesus tentang doa?

Ay 5-8, Apa maksud  Yesus memberikan ilustrasi kepada murid-muridNya?

Ay 9-10, Prinsip apakah yang Yesus ajarkan kepada mereka dalam hal berdoa?

Ay 11-13, Kepada siapakah kita berdoa ?

Murid-murid Yesus meminta kepadaNya untuk diajarkan bagaimana berdoa. Yesus langsung mengajarkan kepada mereka tentang  berdoa. Yang pertama, Yesus mengajarkan untuk mereka memuliakan Bapa di surga, memuliakan Bapa di surga yang telah memberikan semuanya kepada mereka dan berharap  kedatangan kerajaan Allah di bumi ini atau menghadirkan kerajaan Allah di dunia ini. Yang kedua,Yesus mengajarkan untuk hidup dengan rasa cukup bukan berkelebihan. Cukup dengan yang kita makan, minum dan pakai. Yang ketiga, Yesus mengajarkan untuk mengakui kesalahan kita di hadapan Bapa. Demikian juga kita diajari berani memberikan pengampuan bagi yang bersalah kepada kita. Yesus juga mengingatkan kita untuk tidak hidup dalam pencobaan.

Yesus memberikan illustrasi ini, untuk mengingatkan kita bagaimana seharusnya mempraktekkan hidup dalam kasih Tuhan, yaitu menolong mereka yang hidup dalam kesulitan.

Yesus mengingatkan kepada kita bahwa Bapa yang di sorga itu baik dan memahami betul apa yang dibutuhkan anak-anakNya, sehingga Bapa tidak mungkin keliru untuk memberikan yang baik buat anak-anakNya. Maka kita sebagai anak-anakNya diharapkan berani datang kehadiratNya baik dengan memuji Dia,meminta pengampunan dari Dia, maupun meminta sesuatu yang sesuai dengan kehendaknya, supaya kita tidak jatuh dalam pencobaan.

Refleksi
Renungkan beberapa menit: Sudahkah kita meluangkan waktu kita dengan datang kehadiratNya? Datang kehadiratNya dengan pujian, pengakuan dosa dan permohonan kepadaNya.

Tekad
Ya, Tuhan ampunilah kalau kami hidup dalam keegoisan. Bahkan di dalam doapun kami masih hidup dalam keegoisan. Ajarkanlah kami untuk berdoa sesuai dengan kehendakMu. Amin.

Tindakanku
Hari ini akan meluangkan waktu untuk berdoa dengan memuji Tuhan, mengakui dosa, dan memohon kepadaNya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«