suplemenGKI.com

Bacaan : 1 Korintus 12 : 12 – 27.

“KAMU SEMUA ADALAH TUBUH KRISTUS”

PENGANTAR.
Plato menggambar sebuah lukisan yang terkenal dan pada lukisan itu diberi beberapa nama, yakni kepala  adalah benteng ; leher adalah terusan antara kepala dan badan ; jantung adalah mata air tubuh ; pembuluh-pembuluh darah vena adalah kanal-kanal tubuh. Plato menunjukkan bahwa kita tidak berkata, “Jariku kesakitan”. Kita tidak berkata “Aku kesakitan”. Ada seorang Aku yang memberikan kesatuan bagi anggota-anggota tubuh yang banyak dan bermacam-macam itu. Sebagaimana arti Aku itu bagi tubuh seperti itulah arti Kristus  bagi jemaat. Di dalam Kristus segenap anggota yang bermacam-macam itu menemukan kesatuan mereka.

PEMAHAMAN.

  1. Dengan apa Paulus menggambarkan  jemaat ? ( ayt 12 )
  2. Apa makna dari kalimat, “Dalam satu Roh kita semua telah dibaptis”. ( ayt 13 ).
  3. Bagaimana rasul Paulus menjelaskan bahwa tubuh terdiri dari banyak anggota ? ( ayt 14 – 26 )
  4. Bagaimana rasul Paulus menyimpulkan bahwa jemaat adalah satu tubuh Kristus ? ( ayt 27 )

Rasul Paulus menggambarkan jemaat Tubuh Kristus. Sebagaimana tubuh terdiri dari berbagai macam anggota demikian pula dengan jemaat ( gereja ). Tubuh disebut sehat dan efisien jika setiap anggotanya dapat berfungsi dengan sempurna. Anggota-anggota tubuh tidak saling iri satu terhadap yang lain dan tidak saling menginginkan fungsi-fungsi yang dimiliki yang lain. Paulus mengatakan bahwa sebagaimana tubuh terdiri dari  banyak anggota, seperti tangan, kaki, telinga, mata, hidung dan lain sebagainya. Dari gambaran Paulus tersebut kita diajarkan akan beberapa hal mengenai jemaat ( gereja ) sebagai tubuh Kristus.

Pertama : Bahwa sebagai tubuh Kristus ( Jemaat/gereja ) kita saling membutuhkan satu terhadap yang lain. Setiap anggota tidak bisa berdiri sendiri tetapi saling bergantung.

Kedua   : Sebagai tubuh Kristus kita harus saling menghargai satu terhadap yang lain. Apapun posisi anggota, baik itu yang terhormat atau yang kurang terhormat, yang penting atau yang kurang penting  semuanya ada didalam satuh tubuh yaitu tubuh Kristus. Apabila ada anggota tubuh atau organ yang berhenti berfungsi maka seluruh tubuh ikut merasakan.

Ketiga   : sebagai tubuh Kristus kita harus saling bersimpati satu terhadap yang lain. Jika ada satu anggota tubuh yang dirusak maka semua anggota tubuh yang lain merasa senasib dalam penderitaan.

Untuk menguatkan argumennya bahwa jemaat/gereja adalah satu rasul Paulus mengatakan bahwa dalam satu Roh semua orang percaya telah dibaptis menjadi satu tubuh. Dan akhirnya Paulus menyimpulkan bagian ini dengan kalimat, “kamu adalah tubuh Kristus. Amin.

REFLEKSI.
Marilah kita mengambil saat hening sejenak untuk merenungkan ! apapun posisi saudara dalam tubuh Kristus, terhormat atau kurang terhormat, saudara dengan yang lainnya adalah satu tubuh dalam Kristus.

TEKADKU.
Ya Tuhan saya berterima kasih kepadaMu karena saya disadarkan bahwa saya adalah bagian dari tubuh Kristus, yang memiliki banyak anggota.

TINDAKANKU.
Sebagai anggota tubuh Kristus saya akan hidup saling menghargai, bersimpati, saling menolong antar  anggota tubuh Kristus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«