suplemenGKI.com

Bacaan : Mazmur 37 : 39-40

Tema : Tuhan menyelamatkan orang benar

PENGANTAR
Ibu Tika adalah seorang penjual jamu gendong keliling. Setiap hari ibu Tika membuat dan mempersiapkan jamu dagangannya, pagi-pagi sekali. Pada suatu hari ketika ibu Tika sudah menyelesaikan jamu buatannya, jamu tersebut sebelum dimasukkan ke botol-botol ditaruh di sebuah kursi. Dan kemudian apa yang terjadi ? Jamu yang ditaruh di kursi tersebut tersenggol anak bu Tika yang sedang bermain, sehingga semuanya tumpah ke lantai. Akhirnya dengan sangat marah bu Tika mencubit anaknya hingga menangis. Hari itu bu Tika tidak mendapatkan rejeki dari penjualan jamu gendongnya. Beberapa jam kemudian, ketika bu Tika masih marah tiba-tiba ada bunyi tilpon dari suaminya. Suaminya menanyakan, apakah bu Tika tidak terjadi apa-apa ? bu Tikapun menjawab, “iya lagi apes, tidak bisa jualan karena dagangannya di tumpahkan anaknya”. Akan tetapi suaminya berkata, “Puji Tuhan, Tuhan telah menyelamatkan istriku”. Mengapa suaminya berkata seperti itu ? karena ternyata kendaraan langganan si istri hancur tertabrak kereta api. Mendengar berita tersebut ibu Tika menangis dan bersyukur kepada Tuhan.

PEMAHAMAN

  1. Mengapa pemazmur menyatakan, “orang-orang benar akan diselamatkan oleh Tuhan” ? ( ayat 39 ).
  2. Mengapa pemazmur mengatakan, Ia meluputkan mereka dari tangan orang fasik ? ( ayat 40 )
  3. Apa yang sedang dialami pemazmur saat itu ?

Sebagai manusia, kita memang tidak mengerti bahwa peristiwa yang kita anggap sebagai masalah justru seringkali dipakai Tuhan untuk menyelamatkan kita dari bencana yang lebih besar. Pemazmur saat itu mendapat tekanan masalah dari orang-orang fasik dan orang-orang jahat yang seolah-olah hidupnya lebih mujur dan makmur dari pemazmur. Mereka merongrong pemazmur agar pemazmur melepaskan imannya. Ditengah-tengah rongrongan itulah pemazmur yakin dan percaya kepada Tuhan, bahwa Tuhan akan menyelamatkan orang-orang benar yang tekun dan setia kepada-Nya. Pada waktunya Tuhan akan membalikkan keadaan. Orang-orang fasik dan orang-orang jahat yang merongrong pemazmur akan hancur. Sedangkan orang-orang benar yang bersandar kepada Tuhan akan menikmati pertolongan dan berkat Tuhan.

Jadi ketika kita sedang menghadapi masalah kehidupan, janganlah langsung menyalahkan penyebab masalahnya. Cobalah melihatnya bahwa masalah kita adalah bagian dari rencana Allah untuk menyelamatkan/menolong kita. Yang perlu kita miliki dalam menghadapi tekanan masalah adalah ketekunan dan kesetiaan. Tepat seperti yang dikatakan rasul Paulus, “Ketekunan itu menimbulkan tahan uji, tahan uji menimbulkan pengharapan,dan pengharapan tidak mengecewakan ( Roma 5:4-5 ). Bagaimana dengan anda ketika mendapat tekanan/masalah ?

REFLEKSI
Ambillah saat hening sejenak dan renungkanlah : Pernahkah anda menghadapi tekanan masalah dari orang-orang fasik/jahat ?  Pernahkah anda ditolong Tuhan dengan cara-Nya yang unik ?

TEKADKU
Ya Tuhan, ampunilah saya karena terkadang saya hanya fokus dengan masalah yang saya hadapi, saya tidak melihat Tuhan yang setia menolong.

TINDAKANKU
Saya akan bercerita tentang cara Tuhan yang unik dalam menolong saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«