suplemenGKI.com

Yakobus 3:13-18

HIKMAT DARI ALLAH

 

Pengantar
Dalam bahasa Ibrani hikmat menggunakan kata khokh mah. Dan dalam bahasa Yunani menggunakan kata sofia. Tokoh dalam Alkitab yang sangat terkenal dengan hikmatnya adalah raja Salomo.  Keberhasilan Salomo memutuskan nasib seorang anak ditengah-tengah dua orang perempuan yang mengaku sebagai ibunya dipandang sebagai keputusan yang sangat bijaksana (I Raja-raja 3:16-22). Dalam teks bacaan, Yakobus juga membicarakan tentang hikmat atau lebih tepatnya orang yang berhikmat.

Pemahaman

Ayat 13-16           Sebutkan ciri-ciri hikmat duniawi menurut Yakobus?
Ayat 17-18           Sebutkan ciri-ciri orang yang memiliki hikmat dari atas?

Yakobus menyampaikan bahwa seseorang yang memiliki hikmat duniawi memiliki sifat iri hati, mementingkan diri sendiri, angkuh dan sombong, dan suka berdusta atau membengkokkan kebenaran. Yakobus mengingatkan jemaat Kristen agar menjauhkan diri dari hal-hal tersebut. Yakobus justru menghendaki jemaat memiliki hikmat yang berasal dari Allah. Jemaat yang memiliki hikmat dari Allah memiliki kemurnian atau ketulusan hati, pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan, tidak berpihak dan selalu menjadi pendamai (ayat 17-18)

Yakobus mengajak umat untuk mengevaluasi diri dan melihat adakah sifat-sifat yang terdapat dalam teks bacaan melekat dalam diri umat? Apakah umat termasuk dalam kelompok orang-orang dengan ciri-ciri hikmat duniawi ataukah sebaliknya? Allah menghendaki persekutuan jemaat menghadirkan damai sejahtera. Untuk mencapai hal itu umat dituntut memiliki hikmat yang dari Allah. Sebab hikmat duniawi justru dapat merusak persekutuan.

Refleksi
Sudahkah aku hidup berdasarkan hikmat yang berasal dari Allah? Ataukah aku masih hidup dalam kedaginganku?

Tekadku
Ya Allah anugerahkan kami hikmat yang dari pada-Mu agar kami hidup bijaksana. Dapat mengendalikan diri kami dari yang jahat dan mampu melakukan kebaikan-kebaikan

Tindakanku
Tekun dalam belajar firman Tuhan

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«