suplemenGKI.com

2 Timotius 4:1-8

SETIASAMPAI AKHIR

PENGANTAR
Kehidupan orang percaya dapat digambarkan seperti lomba lari marathon. Pada kenyataannya, dalam lomba lari jarak jauh semacam itu,  ada banyak peserta yang  gagal mencapai garis finis. Sebagian peserta mengalami cedera, dan sebagian yang lainnya kehilangan semangat untuk melanjutkan perlombaan. Hal yang serupa juga dapat terjadi dalam perjalanan iman dan pelayanan kita itu. Ada banyak tantangan dan kesulitan yang dapat membuat kita “cedera” (terluka), atau kehilangan semangat kita. Hanya orang-orang yang setia yang sanggup menyelesaikan perjalanan iman dan pelayanannya sampai akhir hidupnya.

PEMAHAMAN

Ay. 1-2        Apa nasihat Paulus kepada Timotius, terkait dengan pelayanannya sebagai pemberita Firman Allah?

Ay. 3-5        Tantangan/ kesulitan apa yang dilihat Paulus? Bagaimana Timotius harus bersikap?

Ay. 6-8        Apa yang dapat Timotius pelajari dari kesetiaan Paulus?

Paulus menasihati Timotius agar tetap setia dalam pemberitaan Firman Allah. Artinya, dalam keadaan apapun, dan sebesar apapun kesulitan yang harus dihadapi, Timotius harus tetap melakukan tugas pelayanannya sebagai seorang pemberita Firman.

Paulus tahu bahwa Timotius akan menghadapi tantangan yang tidak mudah. Paulus melihat semakin besarnya kecenderungan banyak orang untuk memuaskan telinga mereka dengan hal-hal yang mereka sukai. Padahal Firman Allah justru sering berisi teguran terhadap dosa dan nasihat untuk tetap sabar di dalam kesukaran. Karena itu akan semakin banyak orang yang berpaling dari Firman-Nya. Dalam keadaan seperti itu, Paulus menasihati Timotius agar ia tetap menguasai diri dan sabar. Dengan penguasaan diri dan kesabaran, Timotius akan sanggup menyelesaikan tugas pelayanannya.

Selain menasihati, Paulus juga memberikan dirinya sendiri sebagai teladan. Paulus tidak gentar menghadapi saat kematiannya yang sudah semakin dekat. Mengapa demikian? Pertama, Paulus telah mengakhiri pertandingan dengan baik. Artinya, Paulus telah melaksanakan tugas pelayanannya dengan setia sampai akhir hidupnya. Kedua, Paulus tetap mempertahankan imannya sampai akhir hidupnya. Setia kepada Tuhan, dan setia melaksanakan tugas pelayanan, di dalam segala keadaan, itulah teladan yang diberikan Paulus kepada Timotius.

REFLEKSI
Jika hidup Anda berakhir hari ini, apakah Anda termasuk seorang yang setia kepada Tuhan dan setia dalam melaksanakan tugas pelayanan Anda?

TEKADKU
Ya Tuhan, mampukanlah aku tetap setia beriman kepada-Mu dan setia melakukan tugas pelayananku, sehingga aku tidak takut menghadapi saat-saat kematianku.

TINDAKANKU
Aku akan mencari satu atau dua orang rekan sepelayanan untuk membicarakan tantangan dan kesulitan apa saja yang kami hadapi, dan memikirkan cara-cara yang terbaik untuk mengatasinya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«