suplemenGKI.com

Kamis, 20 Juni 2013

19/06/2013

Kuasa Yesus Memulihkan

 

Bacaan Lukas 8:26-39

 

Pengantar
Setiap orang pasti ingin hidup layak, mempunyai tempat tinggal, sandang dan pangan. Bagaimana dengan mereka yang tidak dapat memperolehnya bukan karena ia tidak mampu namun ada kuasa lain yang membuat ia tak berdaya. Ia hidup dibawah kuasa jahat tersebut, sehingga keadaan dan kondisinya tidak normal.

Pemahaman
Ayat 26-28, bagaimana kondisi orang  Gerasa yang dirasuki oleh setan-setan?
Ayat  29-30, apa yang Yesus katakan kepada orang yang kerasukan setan tersebut?
Ayat 31-32, apa yang dimohonkan setan-setan itu kepada Yesus?
Ayat 33-35, apa reaksi penjaga-penjaga peternakan babi, setelah tahu babi-babinya terjun ke jurang?
Ayat 36-37, apa reaksi  penduduk Gerasa terhadap Yesus yang dapat mengusir setan-setan itu?
Ayat 38-39, apa yang dikatakan Yesus kepada orang Gerasa (yg telah ditinggalkan setan-setan) yang ingin menyertai perjalanan Yesus?

Orang Gerasa yang kerasukan setan hidupnya sangat menderita sekali, setan-setan menyiksa hidupnya, mulai dari tidak memakai pakaian, menyeret-nyeret tubuhnya, tinggal ditempat-tempat sunyi sampai tinggal di pekuburan. Tidak ada seorangpun yang dapat menangkap atau mengikat dia,bahkan rantai-rantaipun dipatahkannya, begitu dahsyatnya kuasa setan yang mengikat dia.

Namun kehadiran Yesus di Gerasa mengubah segala-galanya, bahkan kuasa setan yang kelihatannya dahsyatpun juga tunduk kepada otoritas Yesus. Yesus mengusir setan-setan yang merasuki orang Gerasa tersebut, dan setan-setan tersebut juga mengakui bahwa Yesus Anak Allah Yang Mahatinggi serta memohon untuk tinggal pada kawanan babi-babi yang ada di sana. Yesus mengabulkannya, dan segera setan-setan itu masuk ke dalam kawanan babi , tidak lama kemudian kawanan babi tersebut terjun dari tepi jurang ke dalam danau lalu mati lemas.

Kuasa Yesus sanggup memulihkan orang yang kerasukan banyak setan menjadi orang yang hidupnya normal kembali. Kuasa setannya dipatahkan oleh kuasa Yesus, dan dengan kuasaNya pula orang Gerasa tersebut dapat menjalani hidupnya seperti orang  lain. Yesus tidak mengijinkan orang tersebut ikut pada rombonganNya, namun Yesus memberikan tugas kepadanya untuk menceritakan bagaimana kuasa Yesus yang memulihkan hidupnya kepada orang lain yang belum mengenal Yesus sebagai kesaksian yang hidup. Orang itupun mau mengikuti saran Tuhan Yesus dan akhirnya ia mengelilingi banyak kota dan menceritakan segala sesuatu yang diperbuat Yesus atas dirinya.

Refleksi
Renungkanlah dalam –dalam bagaimana kuasa Yesus yang telah  bekerja pada orang yang dirasuk setan tersebut? Renungkan juga apakah anda telah hidup dalam kuasa Yesus?

Tekadku
Tuhan Yesus yang berkuasa atas seluruh alam semesta ini, ajarkanlah kami untuk hidup mengandalkan kuasaMu yang dahsyat tersebut, agar hidup kami benar-benar Engkau pulihkan dari segala keterpurukan yang ada. Amin

Tindakanku
Hari ini saya akan menjalani hidup ini dengan lebih bersemangat karena saya yakin kuasa Yesus menyertai saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«