suplemenGKI.com

Keluaran 20:1-21

 

Hukum Yang Memerdekakan Umat

 

Pengantar
Banyak orang menganggap bahwa kebebasan adalah segala-galanya. Kebebasan dari semua aturan  yang ada di dunia ini. Mungkinkah manusia hidup tanpa aturan atau hukum? Apakah hukum itu menjerat manusia sehingga orang merasa terbelenggu dalam menjalaninya ataukah hukum itu memerdekakan manusia?

Pemahaman
Ay 1-2, Apa isi dari pembukaan 10 Hukum Allah yang diberikan Tuhan kepada bangsa Israel?
Ay 3-11, Apa isi 10 hukum Allah yang ke 1-4, dan hukum itu menyangkut siapa saja?
Ay 12-17, Apa isi 10 hukum Allah yang ke 5-10, dan hukum itu menyangkut siapa saja?
Ay 18-21, Apa yang disaksikan oleh bangsa Israel, setelah Musa menyampaikan 10 hukum Allah?

Pada pembukaan 10 hukum Allah, Tuhan mengingatkan bangsa Israel bahwa Tuhanlah yang membebaskan mereka dari tangan orang-orang  Mesir dan dari tempat perbudakan di Mesir. Tuhan juga mengingatkan bahwa Tuhan yang membebaskan bangsa Israel  itulah yang akan menjadi Allah mereka, bukan illah-illah bangsa Mesir.
Tuhan paham betul apa yang sedang dialami oleh bangsa Israel, disatu sisi mereka telah bebas dari perbudakan di Mesir, namun di sisi lain mereka membutuhkan aturan-aturan main dalam hidup yang sudah merdeka tersebut. Maka Tuhan memberikan 10 Hukum Allah bagi kelangsungan hidup bangsa Israel di tanah perjanjian tersebut. Hukum ke 1-4,  mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhannya. Tuhan menghendaki umatNya  menyadari bahwa Tuhan yang membebaskan mereka adalah Tuhan yang hidup, Tuhan yang tidak dibuatkan patungnya dan disembah oleh manusia seperti orang-orang Mesir yang telah menyembah patung-patung dewanya. Tuhan ingin umatNya itu bersujud dan menyembah kepada diriNya saja bukan kepada illah-illah lain. Dalam bagian hukum ini juga dibicarakan bahwa Tuhan sudah memberikan 6 hari lamanya untuk umatnya bekerja, dan pada hari yang ke 7 umatNya di wajibkan untuk mengingat dan mengkuduskan hari perhentian tersebut dengan cara beribadah kepadaNya.
Hukum ke 5-10, mengatur hubungan antar sesama manusia. Umat juga diajarkan bagaimana menghormati orang lain, menghargai nyawa pemberian Tuhan, menjaga kekudusan hidup, menghargai miliki orang lain, tidak mengucapkan sesuatu yang tidak benar tentang sesamanya dan tidak menginginkan milik orang lain. Tuhan ingin bahwa umatNya saling menjunjung tinggi hak hidup orang dan apa yang dimiliki oleh orang tersebut. 10 hukum Allah inilah yang akan membuat umat memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan dan sesama manusia.
Tuhan memberikan hukum ini justru ingin menjadikan mereka hidup dalam kemerdekaannya bukan hidup yang dibelenggu oleh hukum-hukumNya.Setelah memberikan 10 hukumNya, Tuhan memberikan tanda-tanda alam yang ingin menegaskan bahwa Tuhan ingin umatNya dekat denganNya dan menghormatiNya.

Refleksi
Ambil waktu beberapa menit untuk merenungkan 10 hukum Allah ini. Bagian mana saja yang belum saya praktekkan atau kurang saya praktekkan dalam hidup ini?

Tekad
Tuhan Yesus, beranikanlah saya untuk menerapkan 10 hukum Allah di dunia ini, dan siapkanlah saya menghadapi resiko yang harus saya terima. Amin.

Tindakan
Saya akan mempraktekan 10 hukum Allah yang menurut saya jarang saya praktekkan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«