suplemenGKI.com

Kamis, 2 Mei 2013

01/05/2013

MENGASIHI YESUS = MENURUTI FIRMANNYA

 

Yohanes 14:21-29

 

Pengantar
Pada umumnya mudah bagi kita untuk mengatakan mengasihi Yesus, bahkan untuk memuji-muji Tuhan Yesus sangat mudah dilakukan oleh orang-orang yang percaya. Namun untuk menuruti atau mentaati perintahNya itu bukanlah hal yang mudah, perlu pergumulan dan ketaatan yang penuh. Misalnya, perintah Tuhan Yesus untuk mengampuni orang yang bersalah kepada kita. Hal untuk memberikan pengampunan ini perlu digumulkan dan juga perlu ketaatan kita sebagai muridNya untuk melakukannya.

 Pemahaman
Ayat 21       : Apakah yang Tuhan Yesus katakan kepada Murid-muridNya?
Ayat 22       : Apakah yang dikatakan Yudas kepada Tuhan Yesus?
Ayat 23-24: Bagaimana jawaban Tuhan Yesus atas pertanyaan Yudas?
Ayat 25-27: Hal apa sajakah yang dijanjikan Tuhan Yesus kepada murid-
                          muridNya?

Tuhan Yesus ingin menyatakan bahwa sesungguhnya orang-orang yang mengasihi Dia adalah orang-orang yang berpegang pada perintahNya dan melakukkannya. Tuhan Yesus ingin menyamakan orang-orang yang mengasihi Dia adalah orang-orang yang dapat melakukan perintah-perintahNya. Tuhan Yesus ingin menegaskan bahwa mengasihi Dia bukan dengan perkataan saja namun dalam perbuatan yang sesuai dengan perintahNya. Dan Tuhan Yesus berjanji kepada mereka yang melakukan perintah-perintahNya, maka Ia akan menyatakan diriNya dalam kehidupannya.

Yudas merasa perlu bahwa Yesus menyatakan diriNya kepada dunia bukan kepada murid-muridNya, karena Yudas mengganggap dirinya sudah kenal dan memahami Tuhan Yesus. Namun Tuhan Yesus menjawab bahwa orang yang dapat mengasihi Dia adalah orang yang menuruti FirmanNya dan orang yang menuruti FirmanNya dikasihi oleh Bapa, sehingga Bapa dan Yesus akan diam didalam diri orang yang percaya. Sedangkan orang dunia termasuk orang yang tidak mengasihi Dia maka Tuhan Yesus tidak akan diam di dalam diri orang dunia (orang tidak percaya).

Refleksi
Renungkanlah bagian ini secara mendalam, apakah anda benar-benar mengasihi Tuhan Yesus? Apakah anda benar-benar hidup dalam perintah-perintahNya?

Tekadku
Tuhan Yesus, ajarkan kepadaku bukan saja mengucapkan kasih kepadaMu, atau bernyanyi untuk memuji namaMu saja, melainkan memberanikan diri untuk mentaati perintah-perintahMu di dalam hidupku ini. Sehingga kami bukan lagi orang yang hanya berbicara demi namaMu namun kami lebih menjadi orang-orang yang melakukan perintah-perintahMu.

Tindakanku
Hari ini saya akan mempratekkan perintah Tuhan Yesus, untuk mengasihi orang lain atau mengampuni orang lain.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»