suplemenGKI.com

Kamis, 2 Juli 2020

01/07/2020

Zakharia 9:9-12

 

JADILAH TELADAN SEPERTI KRISTUS

 

Pengantar
Zakharia atau dalam bahasa Ibrani disebut Zekharyah berarti TUHAN mengingat. Zakharia merupakan nabi yang sejaman dengan Hagai. Zakharia berada dimasa kembalinya bangsa Israel ke Yerusalem setelah  pembuangan di babel. Berita kenabian Zakharia tertuju pada pemberitaan mengenai masa depan umat Allah. Khusus dalam teks bacaan Zakharia menyampaikan nubuatan tentang datangnya sang Mesias dan dipulihkannya umat Allah. 

Pemahaman
Ayat 9-10             Nubuatan apa yang disampaikan Zakharia kepada umat Allah ditengah-tengah masa pemulihan sepulang dari pembuangan ?
Ayat 11-12           Pemulihan apa yang Allah akan kerjakan bagi umat-Nya setelah dari pembuangan ?

Setelah umat Allah kembali dari pembuangan di Babel. Ketika mereka sedang dalam masa-masa pembangunan kembali Yerusalem dan bait suci dan dalam masa-masa memulihkan kembali keadaan keagamaan, ekonomi, sosial dan politik. Zakharia datang menyampaikan berita sukacita kepada umat Allah tentang datangnya pemimpin masa depan. Namun pemimpin yang dinubuatkan tidaklah berkarakter seperti pemimpin umat Allah di masa lalu. Pemimpin yang akan datang ini adalah seorang raja yang lembut namun adil dan jaya. Pemimpin yang akan datang itu bukan datang dengan kemegahan, namun dengan keledai yang memperlihatkan kerendahan hati.

Zakharia juga menyampaikan bahwa disaat-saat itulah pemulihan akan terjadi. Pemimpin yang akan datang akan membawa berita damai dan umat Allah akan memperoleh pemulihan. Allah akan menyatakan keselamatan-Nya kepada umat.

Teks bacaan hari ini merupakan nubuatan tentang datangnya sang Mesias yaitu Kristus. Nubuatan tentang Kristus yang memberi diri-Nya bagi penebusan dosa dan keselamatan umat manusia. Kristus yang dikenal dengan kerendahan hati namun berpegang pada keadilan dan kebenaran. Pemimpin yang senantiasa menghadirkan kedamaian bagi banyak orang. Pemimpin yang tidak arogan dan tidak melakukan kekerasan. Pemimpin yang memperlihatkan teladan bagi umat-Nya.

Refleksi
Zakharia mengingatkan umat Tuhan betapa pentingnya memiliki karakteristik seperi Kristus. Rendah hati, berpegang pada kebenaran dan keadilan serta senantiasa hadir membawa damai sejahtera bagi semua orang. Menjadi seorang Kristen tidak serta merta memiliki karakteristik seperti Kristus. Saat ini banyak orang Kristen yang justru mempelihatkan karakteristik keduniawian ketimbang karakteristik Kristus sehingga kehidupannya tidak dapat menjadi teladan bagi banyak orang. Padahal ada banyak orang di dunia yang belum mengenal Kristus dan karya-Nya.

Tekadku
Ya Allah mampukan kami mengasah diri kami agar memiliki karakter seperti-Mu. Tolong kami agar tetap memiliki kerendahan hati. Berani menyatakan yang benar. Dan senantiasa menjadi pembawa damai dimanapun kami berada

Tindakanku
Tetap tenang dan rendah hati dalam bergaul. Berani menyatakan dan mempraktekkan nilai-nilai kebenaran dan keadilan dalam hidup sehari hari. Selalu menghadirkan damai dan sukacita bagi keluarga, teman-teman dan saudara.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»