suplemenGKI.com

MENJAWAB PANGGILAN ALLAH
MARKUS 1: 16-20

 

PERTANYAAN PENUNTUN PEMAHAMAN ALKITAB

  1. Siapa saja yang dipanggil oleh Yesus dalam teks kita hari ini?
  2. Apakah latar belakang pekerjaan orang-orang yang dipanggil Yesus itu?
  3. Pada saat Yesus memanggil mereka, apakah mereka sedang mengerjakan sesuatu yang penting? Ataukah mereka sedang tidak melakukan apa-apa? Perhatikan ayat 16 dan 19.
  4. Apakah ada sesuatu yang istimewa bagi Anda ketika membaca bagaimana respon mereka terhadap panggilan Yesus? Mengapa itu istimewa bagi Anda?
  5. Melihat pada banyaknya hal-hal yang sering dianggap sebagai penghalang orang tidak bisa melayani Tuhan, apa yang bisa Anda pelajari dari saat teduh hari ini?

 

RENUNGAN

Salah satu yang sering dijadikan alasan orang untuk tidak melayani Tuhan adalah karena merasa tidak ada kemampuan yang menonjol, tidak ada sesuatu yang bisa dibanggakan dalam dirinya. Untuk menjawab hal itu, mari kita lihat para murid dalam bacaan hari ini.

Simon, Andreas, Yakobus dan Yohanes anak Zebedeus menjadi orang-orang yang berbahagia karena mereka dipanggil oleh Yesus untuk ikut melayani, menjala manusia bersama dengan Yesus. Ada kesamaan diantara mereka berempat, yaitu mereka berprofesi sebagai nelayan. Sebuah pekerjaan yang umum dilakukan oleh masyarakat Galilea karena mereka hidup di sekitar danau. Bukan sebuah pekerjaan yang super wah, namun pekerjaan yag umum juga dilakukan sebagai mata pencaharian orang-orang disana pada waktu itu.  Dengan kata lain, mereka bukan orang-orang yang menonjol, tetapi Yesus memanggil mereka untuk menjadi rekan pelayananNya.  Sungguh kita diigatkan, bahwa panggilan pelayanan yang Allah berikan itu semata-mata adalah anugrah, kesempatan dan kepercayaan.  Bukan karena kita lebih hebat, manusia super dibandingkan yang lain. Karena itu tidak perlu ragu menjawab panggilan Tuhan untuk melayani hanya karena tidak percaya pada kemampuan diri sendiri.  Sebab memang yang harus dipercaya adalah kemampuan Allah untuk memperlengkapi kita dengan karuniaNya, bukan kemampuan diri sendiri.  Ketika merasa tidak ada yang bisa dibanggakan dalam diri sendiri,itu keliru! Ada yang bisa dibanggakan, yaitu panggilan pelayanan dari Allah itu sendiri. Kita yang bukan siapa-siapa tetapi dipercaya olehNya.

Alasan lain orang menolak melayani Tuhan adalah karena masih sibuk dengan pekerjaan dan berbagai kesibukan yang lain.  Namun hari ini kita diingatkan bahwa para murid yang dipanggil ini juga bukan orang yang tidak mempunyai pekerjaan dan tidak melakukan apa-apa.  Mereka justru sedang sibuk menebar jala dan merapikan jala untuk menjala ikan.  Namun mereka tetap menyambut dengan baik panggilan Yesus.  Kita memang tidak dipanggil untuk tugas khusus seperti para murid, tetapi panggilan pelayanan itu juga berlaku bagi kita dalam bentuk pelayanan-pelayanan yang lain. Karena itu marilah meneladani para murid, bukan berarti mereka tidak pikir panjang, tetapi karena mereka tahu siapa yang memanggil mereka dan ada tugas yang mulia dalam panggilan Allah tersebut.  Mari menyeimbangkan hidup dengan baik, waktu yang Allah berikan cukup untuk bekerja mencari nafkah dan untuk melayani dalam tubuh Kristus.  Bagaimana jawaban Anda atas panggilan Allah setelah bersaat teduh hari ini? Bagaimana Allah menjawab keraguan dan ketakutan Anda untuk berani mengambil bagian pelayanan? 

Ketika Anda tahu bahwa panggilan Allah untuk melayani itu sungguh berharga, maka tidak ada satu pun alasan untuk mengabaikannya, melainkan akan ada sejuta alasan untuk menerima ajakanNya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*