suplemenGKI.com

1 Petrus 3:13-17

KRISTEN SEJATI

 

Pengantar
Kehidupan manusia ditengah zaman yang semakin menggila, terkadang membuat banyak orang lupa atau malah mengabaikan kebaikan. Setiap orang tentunya menginginkan diperlakukan dengan baik, namun dalam kenyataannya kita sering dikecewakan oleh orang, ataupun pengalaman-pengalaman yang tidak sesuai harapan. Perlu diingat bahwa sebagai orang percaya, apapun yang kamu hadapi haruslah dilalui dengan tetap berbuat baik. Apapun balasannya terhadapmu, tetaplah setia melakukan kebaikan.

 

Pemahaman

  1. Nasihat apa saja yang diberikan Rasul Petrus kepada jemaat terkait cara hidup mereka sebagai umat Allah? (ayat 13-15)
  2. Dari nasihat-nasihat tersebut, manakah yang paling berkesan bagi Anda? Mengapa demikian? Jawablah pertanyaan ini untuk diri Anda sendiri.
  3. Dibalik nasihat-nasihat tersebut, ada prinsip-prinsip hidup yang melatarbelakangi mengapa orang Kristen harus hidup dengan cara tersebut di atas. Temukan sedikitnya dua prinsip hidup yang melatarbelakanginya! (ayat 16-17)

 

Apa yang dinasihatkan Petrus dalam bacaan hari ini adalah aplikasi praktis dari cara orang-orang yang hidup takut akan Tuhan dalam menghadapi tekanan dari pihak luar sehubungan dengan imannya. Jika orang-orang Kristen dipersalahkan, hendaknya mereka siap untuk menjadi saksi kebenaran dan mewartakan iman mereka. Tetapi, kesaksian yang terbaik adalah kehidupan yang saleh, yang menolak fitnah dan cercaan dengan kebaikan yang nyata. Dalam  melaksanakan tanggungjawabnya, setiap orang Kristen dituntut untuk hidup benar dan melakukan kebaikan. Keharusan ini dianggap bukan hanya sebagai hal biasa, melainkan sebuah tugas panggilan orang-orang yang percaya kepada Allah dalam diri Tuhan Yesus. Dalam menjalankan kebenaran dan kebaikan ditengah hidup ini tentu bukan perkara mudah, tetapi inilah tantangan yang harus dimenangkan setiap orang yang mengaku dirinya Kristen. Allah sungguh menghendaki kita untuk tidak membalas kejahatan dengan kejahatan, melainkan kejahatan dengan kebaikan. Orang Kristen dipanggil untuk hidup benar dan tak jemu-jemu melakukan kebaikan. Kebaikan yang kita lakukan kepada mereka yang melakukan kejahatan, akan membukakan mata mereka. Mereka akan melihat kesalehan hidup Kristus dalam diri kita. Tuhan sangat menentang orang-orang yang berbuat kejahatan.

 

Refleksi
Seringkali kita larut dalam perhitungan untung-rugi saat ingin berbuat baik. Sadarkah kita, Tuhan Yesus tidak pernah memperhitungkan untung-rugi saat mengorbankan diriNya bagi kita. Hari ini Petrus menolong kita untuk tetap setia melakukan kebaikan dalam setiap tanggungjawab panggilan di dunia ini. Tuhan Yesus pasti memampukan kita.

 

Tekad
Terima kasih karena Engkau mengingatkanku lagi bahwa Engkau pasti memampukan aku untuk berbuat baik bagi sesama dan dunia ini, untuk memenuhi tujuan-tujuanMu dalam hidupku. Amin

 

Tidakan
Mulai saat ini aku tidak akan takut menunjukkan kebaikan lewat perkataan dan perbuatanku sesuai dengan tanggungjawabku bagi keluarga, pekerjaan, dan pelayanan Tuhan di tengah jemaat serta masyarakat.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*