suplemenGKI.com

Janji Tuhan

2 Samuel 7:1-17

 

Pengantar
                Bagaimanakah sikap kita dengan sebuah janji? Ada orang yang menganggap bahwa janji itu bukan masalah yang serius, apalagi janji dengan teman maupun orang lain. Kalau kita tidak bisa menepati janji, ya minta maaf saja, beres kan. Namun ada orang yang menganggap bahwa janji itu adalah hal yang sangat serius, maka harus ditepati atau dikerjakan dengan tepat. Bagian yang kita baca mengajarkan bagaimana Tuhan tetap menepati janjinya kepada manusia. 

Pemahaman
Ay 1-2,  Apa yang dikatakan oleh raja Daud kepada nabi Natan tentang tabut Allah?
Ay 3, Apa yang dikatakan nabi Natan kepada Daud?
Ay 4-7, Apa yang Tuhan katakan kepada nabi Natan?
Ay 8-13 , Berita apakah yang akan disampaikan nabi Natan kepada Daud?
Ay 14-17, Apa yang dijanjikan Tuhan kepada Daud dan keturunannya?

Raja Daud sangat merasakan betapa Tuhan itu baik baginya maupun bagi bangsa Israel, dimana bangsa Israel kalau perang dengan bangsa lain disertai oleh Tuhan dan diberi kemenangan asal mereka taat kepada Tuhan. Sukacita yang begitu besar terungkap ketika raja Daud bertemu dengan nabi Natan, raja Daud menyampaikan kerinduannya untuk membangun Rumah Tuhan yang lebih permanen dari pada sebuah kemah. Raja Daud bahkan membandingkan istana yang dihuninya terbuat dari kayu aras sedangkan tabut Allah ada di dalam tenda.

Rupanya nabi Natan begitu gembira menyambut usulan dari Raja Daud untuk membangun rumah Tuhan dan menyetujuinya untuk segera dilakukan. Namun apa yang dipikirkan nabi Natan rupanya berbeda dengan apa yang Tuhan kehendaki untuk Daud lakukan. Tuhan berbicara kepada nabi Natan melalui penglihatan dan menyampaikan beberapa hal: Tuhan tidak pernah diam dalam rumah sejak menuntun bangsa Israel dari Mesir menuju tanah perjanjian, Tuhan selalu mengembara dalam kemah sebagai tempat kediaman dan Tuhan tidak pernah meminta kepada bangsa Israel untuk membuat rumah Tuhan dari kayu aras. Tuhan mengingatkan raja Daud bahwa Tuhanlah yang mengangkat Daud waktu di padang menjaga kambing domba, untuk menjadi raja atas Israel. Tuhan selalu menyertai dan melenyapkan semua musuh raja Daud dan membuat nama Daud menjadi masyhur di bumi ini.

Tuhan berjanji bahwa keamanan bangsa Israel akan terjadi terus menerus sampai kepada keturunan raja Daud, bahkan apabila umur Daud sudah genap dan mendapat perhentian, maka Tuhan akan membangkitkan keturunan yang kemudian, anak kandung Daud, dan Tuhan akan mengkokohkan kerajaannya. Dialah yang akan mendirikan rumah bagi nama Tuhan.

Refleksi
Renungkan beberapa saat: Seberapa besar kita merasakan bahwa Tuhan itu baik dan kita ingin melakukan yang terbaik bagi Tuhan?
Tuhan berjanji kepada Daud dan keturunannya, semuanya digenapi. Renungkan berapa kali kita mudah mengingkari janji kita kepada Tuhan?

Tekadku
Tuhan ampunilah kalau kami sering menuntut janji Tuhan kepada kami untuk segera digenapi, namun sering kali kami mudah melupakan janji kami kepada Tuhan. Ampunilah kami ya Tuhan.

Tindakanku
Hari ini kalau saya membuat janji dengan sesama, saya harus melaksanakannya dengan baik.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«