suplemenGKI.com

Bacaan : Mazmur 91 : 1, 14-16.

Tema : Orang Yang Dilindungi Tuhan.

PENGANTAR
Saat ini kita berada dalam situasi dan kondisi yang tidak aman. Dalam dunia pekerjaan (usaha) penuh dengan persaingan dan hal itu memungkinkan kita tidak aman. Kita juga berada didunia yang dipenuhi kejahatan yang kapan saja bisa mengancam kita. Kita juga tinggal di bumi yang sering mengalami bencana alam dan itu juga membuat kita tidak aman. Dan banyak lagi hal-hal yang membuat kita tidak aman. Namun kita sangat bersyukur karena kita punya Allah yang ssenantiasa melindungi kita. Renungan hari ini mengajak kita untuk melihat kepada siapa saja perlindungan Allah itu diberikan ?

PEMAHAMAN

  1. Siapakah orang-orang yang dilindungi Tuhan ? (ayat 1, 14 )
  2. Apa janji Tuhan kepada mereka ? ( ayat 15-16 )

Tuhan Allah memang selalu melindungi umat-Nya agar mereka dapat menjalani kehidupan ini dengan aman dan tentram, bahkan menjadi berkat bagi sesama. Perlindungan Tuhan itu bisa dirasakan/dialami secara kolektip sebagai kesatuan umat maupun secara pribadi. Bacaan kita hari ini hendak menyatakan perlindungan Allah secara personal. Lalu kepada siapakah perlindungan Allah ini dinyatakan ? Pertama : Kepada orang yang hatinya melekat pada Tuhan (14). Orang yang hatinya melekat pada Tuhan digambarkan dengan perumpamaan pokok anggur (Yoh 15) dimana orang percaya tinggal didalam Tuhan dan Tuhan tinggal didalam dirinya (Yoh 15:4). Ada suatu hubungan yang karib dengan Tuhan, sehingga orang tersebut sepenuhnya mengandalkan Tuhan dan menyerahkan diri kepada kekendak-Nya. Apakah saudara orang seperti itu ? Kedua : Orang yang mengenal nama-Nya (14).  Mengenal nama Tuhan dalam konteks pemazmur tidak sekedar kenal tetapi mengenal secara detail dan mendalam. Bagi pemazmur mengenal nama-Nya berarti mengetahui siapa sejati-Nya Tuhan dan setiap karya-Nya dalam hidup pemazmur sehingga dari pengenalan itu muncullah sikap dan tindakan untuk  mengasihi-Nya dan mentaati-Nya. Jadi kalau kita adalah orang yang mengenal nama Tuhan maka akan timbul sikap untuk mengasihi dan mentaati-Nya. Apakah saudara adalah orang seperti itu ?

Kepada orang yang hatinya melekat dan mengenal nama Tuhan, maka Tuhan berjanji. Pertama : Tuhan akan menjawab doanya (15). Kedua Tuhan akan menyertai (15). Ketiga Tuhan akan meluputkan dari kesesakan dan memuliakan dia (15). Keempat : Tuhan akan memberi umur panjang (16). Dan Kelima : Tuhan akan memberi keselamatan. Betapa luar biasanya janji Tuhan ini.

REFLEKSI
Marilah kita mengambil saat hening sejenak serta merenungkan : apakah saya adalah orang yang hatinya melekat pada Tuhan serta orang yang mengenal nama-Nya ?

TEKADKU.
Ya Tuhan, tolonglah saya supaya saya dapat melekatkan hati saya kepada Tuhan serta sebagai orang yang mengenal nama-Mu.

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya akan menjaga hati saya supaya dapat melekat pada Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*