suplemenGKI.com

Kamis, 18 Mei 2017

17/05/2017

I Petrus 3 : 13 – 15

Menempatkan Kristus dalam kehidupan

 

PENGANTAR
Kepada siapakah hati kita terpaut ? Jika hati kita terpaut pada hal-hal seperti harta kekayaan, kebahagiaan duniawi, kegembiraan, kemudahan dan kesenangan duniawi maka kita adalah orang yang paling rentan terhadap kekecewaan. Adalah hakekat manusia bahwa ia bisa kehilangan hal-hal tersebut dalam sekejap sehingga ia akan terluka. Namun jika kita menempatkan Yesus Kristus pada tempat yang khusus dalam kehidupan kita, maka kita akan mendapatkan kekuatan, keamanan sekalipun kita berada dalam penderitaan.

PEMAHAMAN

  1. Apakah yang harus di kobarkan oleh orang Kristen ? ( ayat 13 )
  2. Bagaimana sikap orang Kristen terhadap penderitaan ? ( ayat 14 – 15 )

Ada dampak yang luar biasa bagi setiap orang Kristen yang menempatkan Kristus dalam kehidupannya.

Pertama : Ia akan menjadi orang Kristen yang rajin berbuat baik. Frasa “rajin berbuat baik” berasal dari kata Yunani “Zelotes”. Kata Zelotes hendak menjelaskan tentang para pejuang tanah air yang fanatik. Biasanya mereka adalah orang-orang yang rela mengorbankan ketentraman, kesenangan, keluarga demi cinta yang berkobar-kobar bagi tanah air mereka. Dalam kekristenan kita juga diharuskan memiliki cinta kepada kebaikan yang berkobar-kobar. Sehingga jika seseorang  jatuh cinta kepada kebaikan maka hal itu menjadi kekuatan untuk terus melakukan kebaikan demi kebaikan. Seorang Kristen yang  menempatkan Kristus dalam kehidupannya akan memiliki semangat yang berkobar-kobar melakukan kebaikan.

Kedua : Ia akan menjadi orang Kristen yang rela ketika harus menderita. Ada dua macam penderitaan. Pertama : ada penderitaan yang kita alami karena kemanusiaan kita, misalnya penderitaan fisik, kematian, kesedihan, pikiran yang kacau, keletihan, sakit-penyakit dan lain sebagainya. Kedua ada penderitaan yang kita alami akibat kekristenan kita, misalnya, penganiayaan, pengorbanan prinsip-prinsip tertentu, ketidakpopuleran, penolakan dan lain sebagainya. Namun walaupun kita mengalami penderitaan, Tuhan tidak akan meninggalkan kita. Ketika penderitaan terjadi karena Kristus itu artinya orang Kristen menunjukkan kesetiaannya kepada Kristus dan mengambil bagian dalam penderitaan-Nya. Tidak seorangpun yang dapat menghindari penderitaan, akan tetapi penderitaan tidak dapat menyentuh hal yang paling berharga dalam kehidupan orang Kristen. Untuk itu marilah kita menempatkan Kristus dalam kehidupan kita, karena Dia akan menopang kehidupan kita. Amin.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : sudahkah saudara menempatkan Kristus dalam kehidupan saudara ? jika sudah, apakah saudara memiliki cinta yang berkobar-kobar untuk melakukan kebaikan ? walaupun saudara harus menderita.

TEKADKU.
Ya Tuhan Yesus, saya berkomitmen untuk menempatkan Engkau dalam kehidupanku.

TINDAKANKU.
Mulai hari ini saya akan melakukan kebaikan demi kebaikan kepada orang di sekitar saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«