suplemenGKI.com

KAMIS, 18 JULI 2013

17/07/2013

Kolose 1:15-23

DICIPTAKAN OLEH DIA DAN UNTUK DIA

 

PENGANTAR
Surat yang ditujukan kepada jemaat di Kolose ditulis rasul Paulus untuk melindungi dan menguatkan iman jemaat dari ancaman pengaruh ajaran Gnostik yang berkembang saat itu.  Ajaran Gnostik meragukan peran Allah dalam penciptaan dunia ini dan mengajarkan bahwa Yesus adalah salah satu perantara.  Agar jemaat tidak tersesat akan ajaran ini maka Paulus mengingatkan bagaimana peran dan hakekat Kristus dalam penciptaan dunia ini.

PEMAHAMAN
Bagaimana Paulus menggambarkan peran Kristus dalam penciptaan dunia ini (ayat 15-17)

Bagaimana kedudukan Kristus dan apa perannya dalam kehidupan umat-NYA (ayat 18-22)

Dalam hidup kita setiap hari untuk siapakah kemuliaan itu kita tujukan?

Dalam bacaan hari ini rasul Paulus memberi kita pemahaman yang dalam tentang beberapa hal mengenai Tuhan Yesus dan perannya dalam penciptaan dunia ini:

  1. Gambar  Allah: Yesus adalah Gambar Allah yang tidak kelihatan (ay. 15).  Hal itu berarti bila kita ingin mengerti siapakah Allah itu, maka kita harus melihat-NYA pada pribadi Yesus.  Sebab dengan sempurna Yesus telah merepresentasikan (menghadirkan) sifat-sifat dan kehendak Allah dalam rupa yang dapat dilihat, dikenal dan dipahami manusia.
  2. Yang sulung: Predikat ‘Yang Sulung’ bagi Yesus bukan mengacu pada suatu urutan hitungan tetapi lebih pada keutamaan-NYa.  Dia lebih utama dari ciptaan yang lain, bahkan segala sesuatu diciptakan oleh DIA dan untuk DIA (ay.16) artinya segala sesuatu tujuan akhirnya adalah memuliakan Kristus.
  3. Kepala Jemaat: Yesus adalah Kepala dan kita adalah tubuh artinya bahwa Kristuslah yang paling berkuasa atas jemaat-NYA, sebagaimana kepala berkuasa atas tubuh.  Ayat 19 dengan jelas menyatakan “karena seluruh pemenuhan Allah berkenan diam didalam Dia”.
  4. Sang Juru Damai: Kematian Yesus dikayu salib telah mejadi pendamaian antara Allah dengan manusia.  Darah-Nya telah menjadi pembasuh dosa manusia dan pengorbanannya di atas kayu salib memulihkan hubungan Allah dengan manusia.

REFLEKSI
Sebagai orang percaya (apalagi yang sejak lahir sudah Kristen) mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan adalah mudah.  Tetapi sudahkah kita benar-benar menghayati ke ‘TUHAN’ an Yesus?  Bahwa Dia ada sebelum segala sesuatu diciptakan?  Dan bahwa untuk Dialah kita diciptakan.  Artinya hidup kita adalah sepenuhnya hak Dia.  Kalau demikian bagaimana dengan hidup kita yang selalu berorientasi dan berfokus untuk diri sendiri?  Bahkan kita cenderung mencari kemuliaan untuk diri sendiri.  Padahal seharusnya hidup kita adalah untuk kemuliaan-NYA karena kita diciptakan oleh DIA dan untuk DIA.

TEKADKU
Karena aku diciptakan oleh DIA dan untuk DIA, maka untuk setiap apa yang aku pikirkan dan apa yang akan aku lakukan tidak lagi terfokus pada diri sendiri, tetapi akan selalu mengingat bahwa apa yang aku lakukan akan membawa kemuliaan bagi DIA.

TINDAKANKU
Hari ini aku akan minimal menemui satu orang dan mengingatkannya bahwa kita diciptakan oleh Tuhan untuk menjadi kemuliaan bagiNYA.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«