suplemenGKI.com

Mencuri Kemuliaan

2 Raj 5:19-27

 

Pengantar
                Banyak orang mencari keuntungan di setiap kejadian atau peristiwa di dalam hidupnya, baik itu keuntungan bersifat materi maupun moril. Apalagi keuntungan untuk mendapatkan materi ada di depannya, hanya tinggal mengambil saja. Hal ini terjadi pada Gehazi bujang nabi Elisa, yang mengetahui bahwa nabi Elisa menolak persembahan yang diberikan kepadanya oleh Naaman panglima orang Aram. 

Pemahaman
Ay 19, Apa yang dikatakan Elisa kepada Naaman?
Ay 20-21, Apa yang dipikirkan dan yang dilakukan oleh Gehazi terhadap Naaman?
Ay 22, Apa yang dikatakan Gehazi terhadap Naaman?
Ay 23-24, Apa yang dikatakan dan dilakukan Naaman?
Ay 25-27, Apa yang dikatakan Elisa terhadap Gehazi, dan apa yang terjadi?

Panglima perang, orang Aram yakni Naaman yang dulunya sakit kusta, sekarang telah sembuh setelah mandi di sungai Yordan 7 kali. Sebagai ungkapan syukur dari Naaman, ia ingin memberikan suatu persembahan bagi Elisa, namun Elisa abdi Allah itu menolak apa yang akan diberikan Naaman kepadanya. Berulang kali Naaman membujuk Elisa untuk menerimanya namun Elisa tetap menolaknya.

Hal ini diketahui oleh Gehazi sebagai bujangnya Elisa, hal ini pulalah yang membuat Gehazi berpikir Elisa itu segan dengan Naaman. Maka mulai timbul pikiran jahat dalam diri Gehazi, untuk mau menerima persembahan dari Naaman. Maka dirancanglah kabar bohong yang akan disampaikan kepada Naaman.

Demi menyakinkan Naaman, Gehazi mulai membuat berita bohong bahkan berani memakai nama Elisa, dan mempertegas bahwa dia disuruh nabi Elisa.Gehazi menggunakan cerita bahwa ada 2 orang muda dari pegunungan Efraim, mereka merupakan rombangan nabi. Gehazi berharap Naaman mau memberikan setalenta perak dan dua potong pakaian.

Naaman mempersilakan Gerazi mengambil barang-barang dan pakaiannya, bahkan Naaman menyuruh pegawainya untuk mengangkat barang-barang tersebut ke rumah Gehazi. Setelah memberikan persembahan untuk Gehazi, Naaman langsung kembali ke rumahnya.

Ketika Gehazi tampil di depan nabi Elisa, Elisa langsung bertanya dari mana Gehazi? Jawabnya: Hambamu ini tidak pergi ke mana-mana! Elisa tahu kalau Gehazi telah berbohong dengan dia, dan Elisa tahu Gehazi telah menerima pemberian dari Naaman, dengan apa yang diperoleh dari Naaman dapat untuk membeli kebun-kebun, kebun Zaitun, kebun anggur, kambing, domba, lembu sapi, budak laki-laki dan budak perempuan. Elisa tidak saja memberitahu bahwa apa yang di dapat dari Naaman dapat digunakan untuk membeli semuanya, namun Elisa juga menyatakan bahwa penyakit kustanya Naaman akan melekat pada mereka bahkan anak-cucumu.

Refleksi
Ambil waktu dan renungkan sesaat, pernahkah kita mencuri kemulian orang lain? Apa yang mendasari semuanya itu

Tekadku
Ya, Tuhan, seringkali kami gampang menjadi iri dengan orang lain dan berusaha untuk mencuri kemuliaan mereka

Tindakanku
Hari ini saya akan memeriksa apa yang saya lakukan sudah terbebas dari usaha untuk mencuri kemuliaan orang lain

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«