suplemenGKI.com

TIDAK HANYA TAHU

Kolose 1:9-14

 

PENGANTAR

Banyak orang tahu kebenaran pepatah yang mengatakan ‘hemat pangkal kaya, rajin pangkal pandai’.  Tetapi, banyak pula yang hanya sekadar tahu dan tidak menerapkan kebenaran pepatah itu dalam kehidupan.  Bukankah seringkali kecenderungan manusia adalah sekadar tahu namun sulit melakukannya, sehingga pengetahuan yang benar itu tidak mengubah cara hidupnya.  Melalui perikop ini kita akan belajar bagaimana jemaat Kolose bertumbuh karena pengetahuan akan firman Tuhan yg telah mengubah cara hidup mereka.  Mari kita pelajari!

PEMAHAMAN

  • Ayat 9: Berita apakah yang di dengar rasul Paulus tentang jemaat Kolose?
  • Ayat 10-12: Apa isi doa rasul Paulus bagi jemaat Kolose?
  • Ayat 13-14: Apa dasar perubahan hidup jemaat Kolose?
  • Apakah pengetahuan akan kebenaran itu sudah kita lakukan dalam hidup sehari-hari?

Perikop ini merupakan bagian dari ungkapan dan doa syukur Paulus setelah mendengar laporan perlawatan yang dilakukan Epafras kepada jemaat Kolose.  Paulus merasa bangga dan lega karena jemaat Kolose bertumbuh dan berkembang sesuai pengetahuan kebenaran yang mereka miliki walaupun ‘menanggung segala sesuatu’ tetapi mereka tetap tekun dan sabar.  Berita pertumbuhan jemaat yang terdengar sampai ke telinga Paulus, menjadi dasar ucapan syukur Paulus yang tiada putus-putusnya di hadapan Tuhan (ay.9), yaitu: Pertama, Bersyukur atas hikmat dan pengertian jemaat mengetahui kehendak Allah (ay.9b).Kedua, Bersyukur atas tekad jemaat agar mampu hidup layak dan berkenan di hadapan Allah (ay.10a).  Ketiga, Bersyukur atas upaya jemaat memberi buah dalam segala pekerjaan baik, dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah (ay.10b).  Keempat, Bersyukur atas kekuatan jemaat untuk dapat menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar (ay.11a).  Kelima, Paulus mengajak seluruh jemaat selalu mengucap syukur kepada Allah (ay.2a).

Ucapan syukur rasul Paulus itu sekaligus untuk mengingatkan jemaat bahwa pertumbuhan iman dan perubahan hidup dalam jemaat semata-mata didasari oleh anugerah Allah yang telah mengampuni doasa, memperbaharui hidup dan mengaruniakan status yang baru (ay.13-14). Keberadaan jemaat yang berakar dari persekutuan dengan Yesus Kristus akan bertumbuh dan berbuah di dalam anugerah kekuatan-Nya. Ucapan syukur jemaat lahir dengan sukacita karena menyadari bahwa pertumbuhannya adalah anugerah Allah (ay.12).  Pertumbuhan jemaat terjadi bersumber dari pengetahuan kebenaran firman Tuhan dan oleh anugerah-Nya.  Inilah pertumbuhan yang tidak cukup sekadar tahu, tetapi pengetahuan akan firman Tuhan akan mengubah cara hidup sehari-hari.  Jemaat Kolose tidak hanya sekadar tahu.  Bagaimana dengan kita?  Sudahkah bertumbuh sesuai kebenaran yang kita tahu?

 

REFLEKSI

Mari merenungkan: Ada banyak kebenaran firman Tuhan yang kita tahu.  Apakah kita sudah bertumbuh sesuai kebenaran yang kita tahu itu?  Janganlah hanya sekadar tahu!

 

TEKADKU

Tuhan tolonglah agar bisa menghidupi kebenaran firman Tuhan yang saya tahu.

 

TINDAKANKU

Aku mau menjadi orang yang tidak hanya sekadar tahu, tetapi bertumbuh dengan cara menghidupi firman Tuhan yang saya tahu.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«