suplemenGKI.com

Kamis, 17 Mei 2018

16/05/2018

Roma 8:22-25

ROH KUDUS MENOLONG UMAT TETAP BERPENGHARAPAN

 

Pengantar
Paulus menyampaikan surat kepada jemaat Kristen di Roma yang tengah mengalami konflik dan tekanan yang cukup berat. Konflik muncul dari internal jemaat Kristen disana. Tekanan muncul dari orang-orang Yahudi dan orang-orang Roma yang berada di sekitar mereka. Jemaat Kristen di kota Roma tampaknya menghadapi kesulitan yang cukup berat, hingga mereka mulai kehilangan keyakinan atau iman mereka kepada Kristus. Hal itulah yang mendorong Paulus untuk menguatkan dan menyemangati jemaat Kristen disana.

Pemahaman

Ayat 22-23    Penguatan apakah yang disampaikan Paulus kepada jemaat Kristen di kota Roma ?

Ayat 24-25    Apakah nasehat penting yang disampaikan Paulus dalam suratnya?

Harus menghadapi tekanan dari masyarakat sekitar dan mengalami konflik internal tentu tidaklah mudah. Hal itu mempengaruhi kondisi pribadi-pribadi dari jemaat Kristen di kota Roma. Paulus mendengar kabar itu langsung menuliskan suratnya untuk menguatkan jemaat Kristen di kota Roma. Paulus bertujuan untuk memberikan penguatan dengan menyampaikan bahwa kesulitan, kesusahan dan penderitaan merupakan bagian dari kehidupan umat manusia di muka bumi. Tidak ada seorang manusiapun bisa lolos dari semuanya itu.

Meski Roh Kudus telah dianugerahkan kepada pengikut Yesus namun bukan berarti pengikut Kristus bisa bebas dari kesulitan, kesusahan dan penderitaan. Semuanya itu akan tetap ada selama manusia masih hidup. Itulah sebabnya pengharapan akan hidup kekal dan abadi harus tetap dimiliki oleh jemaat. Iman kepada Kristus harus tetap dipegang teguh dan tidak ditanggalkan begitu saja hanya karena masalah yang datang silih berganti

Refleksi
Dalam keheningan, ingatlah banyaknya konflik yang pernah kita hadapi dalam hidup baik dalam pekerjaan, keluarga maupun gereja. Apakah kita masih larut dalam konflik itu dan menjadi mudah putus asa? Ingatkah kita bahwa Allah tidak pernah membiarkan kita sendiri dalam pergumulan kita? Apakah kita sungguh merasakan kehadiran Allah menguatkan dan memampukan kita melewati pergumulan hidup kita?

Tekadku
Ya Tuhan, mampukan aku untuk berdamai dengan teman, sahabat yang saat ini sedang berseteru denganku. Kuatkanlah aku agar dalam situasi sulit aku tidak hilang pengharapan dalam menjalani hidup. Bantulah aku untuk hidup berpegang pada janji-Mu bahwa Tuhan pasti menolong umat yang menaruh pengharapan sepenuhnya kepada Tuhan.

Tindakanku
Aku akan memperbaiki hubungan dengan keluarga, teman yang sempat terjalin kurang baik. Aku juga mau semakin bertekun dalam doa dan Firman Tuhan setiap hari sehingga dikuatkan untuk tidak hilang pengharapan dalam situasi terberat dalam hidup.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«