suplemenGKI.com

Kamis, 17 Juli 2014

16/07/2014

I Tesalonika 4:1-8

 

Hidup Dalam Kekudusan

 

Pengantar
Sebagai pengikut Kristus Yesus, sering kali diperhadapkan pada tantangan jaman ini. Bagi orang-orang dunia, perilaku manusia didasarkan kepada kebebasan yang didapatnya. Secara umum perilaku mereka tidak akan memperhitungkan Tuhan sebagai tuntunan hidupnya. Bagaimana perilaku orang-orang yang percaya?

Pemahaman

Ayat 1-2, Apa yang dinasihatkan Paulus kepada jemaat di Tesalonika?
Ayat 3-4, Apa yang sedang terjadi di kota Tesalonika pada waktu itu?
Ayat 5-6, Apa yang Paulus ingatkan pada jemaat di Tesalonika?
Ayat 7-8, Apa yang Allah kerjakan bagi setiap orang yang percaya?

Paulus mengingatkan bahwa sebagai orang yang percaya hidup mereka berbeda dengan orang-orang dunia. Pada dasarnya orang-orang yang percaya hidup harus berkenan kepada Tuhan, bukan sesuka hati mereka masing-masing. Orang yang percaya harus mengejar hidup yang berkenan kepada Tuhan, bukan kepuasan hawa nafsu sendiri.

Paulus memberikan contoh hidup yang berkenan kepada Tuhan adalah hidup dalam pengudusan. Hal ini perlu diutarakan kepada jemaat di Tesalonika, karena banyak penduduk Tesalonika hidup menuruti hawa nafsu mereka terutama percabulan atau perzinahan.

Paulus juga menasihatkan supaya orang yang percaya (jemaat Tesalonika) tidak jatuh dalam perzinahan dengan cara mengambil istri dan hidup dalam pengudusan dan penghormatan. Bagi Paulus, Tuhan senantiasa memperhatikan apa yang kita lakukan atau kita kerjakan, sehingga kelakuan yang baik Tuhan lihat demikian juga kelakuan yang tidak baik juga diperhatikan oleh Tuhan.

Paulus mengingatkan bahwa Tuhanlah yang memanggil mereka dan Tuhanlah yang menguduskan mereka dari semua pencemaran, Tuhan yang kudus juga menuntut umatNya hidup dalam pengudusan.

 

Refleksi
Renungkanlah, apakah hidup kita sudah dalam pengudusan? Kudus dalam kelakuan dan kudus dalam pikiran.

 

Tekad
Ya Tuhan Yesus, ampuni kami kalau kami tidak mengejar hidup kudus dalamMu. Ampuni kami kalau hawa nafsu kami yang menguasai kami. Berikanlah tekad untuk menjalani hidup yang berkenan kepadaMu.

 

Tindakan
Hari ini menjaga hidup kudus dalam kelakuan dan pikiran, dengan cara berbuat yang baik dan yang berkenan kepada Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«