suplemenGKI.com

MAZMUR 67: 7-8

TAKUT AKAN ALLAH SEBAGAI TANDA UCAPAN SYUKUR

 

Pengantar
Bagi bangsa Israel tanah merupakan benda yang berharga. Tanah tidak hanya terkait dengan masalah ekonomi namun juga terkait dengan iman. Tanah dipandang sebagai lambang perjanjian.
Perjanjian yang dimaksud tentu antara Allah dan umat. Itulah sebabnya bangsa Israel sangat serius dalam mengolah tanah mereka. Sehingga saat tanah memberikan hasilnya, maka bangsa Israel menyambut dengan penuh sukacita dan rasa syukur. Namun bagaimanakah wujud nyata sikap yang mengucap syukur kepada Allah? Pemzamur akan memperlihatkannya dalam teks bacaan

Pemahaman

Ayat 7-8    Apa yang mendorong pemazmur mungucap syukur? Bagaimanakah sikap konkrit umat beriman  yang mengucap syukur?

Pemazmur menyadari sepenuhnya bahwa berkat Allah hadir dalam kehidupannya. Tanah yang subur dan menghasilkan merupakan bukti nyata bahwa Allah memberkati kehidupan umat-Nya. Hanya saja pemazmur memperlihatkan bahwa ucapan syukur kepada Allah tentu harus terwujudnyata dalam sikap hidup sehari-hari.  Ayat 8 memperlihatkan bahwa sebagai tanda syukur kepada Allah, umat harus hidup takut akan Allah. Sikap takut akan Allah harus dibangun dalam kehidupan umat yang senantiasa bersyukur atas kebaikan Allah.

Hari ini bangsa kita memperingati 72 tahun kemerdekaan. Tentu kita semua bersukacita dan bersyukur atas anugerah kemerdekaan yang Allah telah berikan. Hidup takut akan Allah merupakan sikap hidup yang harus dibangun dalam diri umat yang bersyukur. Mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif, bermanfaat dan bermartabat adalah sikap konkrit takut akan Allah.

Refleksi
Mampukah kita menghitung banyaknya berkat Allah dalam kehidupan kita? Sudahkah kita hidup bersyukur? Sudahkah rasa syukur terwujud dalam sikap hidup dan perbuatan yang takut akan Allah?

Tekadku
Ya Allah, mampukan aku selalu bersyukur atas kebaikanMu. Mampukan aku hidup takut akan Engkau. Tolonglah aku agar dapat menjadi berkat bagi sesama

Tindakanku
Tekun bersaat teduh. Tekun dalam belajar firman Allah. Bersedia terlibat dalam pelayanan di gereja maupun di masyarakat

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*