suplemenGKI.com

Bacaan : Efesus 5 : 8 – 14

Tema : Hidup sebagai anak-anak terang

PENGANTAR
Terang menurut Alkitab merupakan metafora yang mengandung berbagai makna, antara lain : 1. Gambaran dari karakter Allah (1 Yoh 1:5 ;Yoh 8 : 12 ). 2. Gambaran dari kebaikan, kebenaran dan keadilan ( Ef 5 : 8-9 ). 3. Gambaran dari kekudusan Allah (1 Tim 6:16 )semua itu di tujukan untuk Kristus. Namun kemudian hal itu diturunkan kepada orang-orang percaya, agar mereka dapat membawa terang Kristus dalam kehidupan sehari-hari.

PEMAHAMAN.

  1. Bagaimana umat percaya mengenal jati dirinya ? ( ayt 8 )
  2. Bagaimana umat percaya menjadi terang ? ( 9-14 )

Menurut Firman Tuhan jati diri orang percaya dahulu dengan sekarang sudah sangat berbeda. Dahulu “kamu” adalah kegelapan, tetapi sekarang “kamu” adalah terang di dalam Tuhan. Jadi rasul Paulus ingin mengatakan bahwa mereka bukan lagi kegelapan tetapi terang. Artinya ialah bahwa umat percaya bukan sekedar berada dalam terang atau di terangi oleh terang, tetapi mereka adalah terang karena “keberadaan” mereka di dalam Tuhan. Jadi eksistensi mereka sebagai terang tidak lepas dari kesatuan mereka dengan Tuhan Yesus.

Oleh sebab itu Firman Tuhan mengingatkan bahwa mereka harus hidup sebagai anak-anak terang. Namun yang penting adalah, bagaimanakah kita bisa menjadi terang ? jawabannya adalah : Pertama : Kita menjadi terang  karena kesatuan kita dengan Kristus. Setiap orang yang percaya kepada Kristus berarti telah diselamatkan. Artinya mereka telah pindah dari maut ke dalam hidup, dan dari kegelapan kepada terang. Dan hal itu hanya dimungkinkan oleh Kristus. Kedua : Kita adalah terang karena identitas kita dalam Kristus. Kamu adalah terang dunia ( Matius 5 : 13-16 ). Identitas murid-murid adalah “garam” dan “terang” dunia. Identitas tersebut sekarang ditujukan kepada orang-orang Kristen. Namun identitas sebagai “garam” dan “terang” tersebut harus menjadi panggilan hidup orang Kristen. Ketiga : Kita adalah terang yang bercahaya di depan orang lain untuk melakukan pekerjaan baik. Dalam Matius 5 : 14b-15 Tuhan Yesus menegaskan kepada para murid akan fungsi mereka sebagai Terang. Melalui perbuatan-perbuatan baik, orang-orang yang tidak percaya akan melihat Terang Kristus di dalam diri kita. Karena perbuatan baik adalah cermin dari kualitas hidup seseorang. Untuk itu marilah kita terus melakukan perbuatan baik kepada semua orang.

REFLEKSI
 Marilah kita mengambil saat hening sejenak untuk merenungkan, : Tahukah anda bahwa identitas anda adalah terang dunia ? Sudahkah identitas anda sebagai terang dunia menjadi panggilan hidup anda ?

TEKADKU
Ya Tuhan, ampunilah kalau selama ini saya kurang mengerti bahwa jati diri saya adalah sebagai anak-anak terang, namun hal itu tidak berfungsi dengan baik.

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya harus menjadi terang di hadapan orang lain dengan cara melakukan perbuatan-perbuatan baik.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«