suplemenGKI.com

MAZMUR 80:17-19

KESEMPATAN KEDUA

 

Pengantar
Berada di pembuangan membuat umat Allah menyadari bahwa ada banyak hal dalam kehidupan mereka yang selama ini tidak berkenan dihadapan Allah. Hukuman Allah yang mereka jalani di negeri pembuangan telah menyadarkan umat bahwa setiap tindakan mengandung konsekuensi. Sebagai umat pilihan seharusnya mereka hidup taat dan setia. Allah menghendaki umat menjadi terang dan berkat bagi bangsa-bangsa lain yang belum mengenal Allah. Namun hal itu tidak terjadi. Umat Allah justru hidup tidak berkenan dihadapan Allah.

Pemahaman
Ayat 17-19   Apa yang menjadi keinginan dan permohonan  umat Allah di pembuangan?

Menyadari akan kesalahan di masa lalu mendorong umat Allah untuk membenahi diri. Hal itu tercermin dalam doa permohonan mereka kepada Allah. Umat memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah agar mereka tetap hidup dandapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai umat pilhan-Nya (ayat 17-19).

Permohonan umat kepada Allah ketika mereka berada dipembuangan adalah kesempatan kedua. Umat menyadari kesalahan mereka. Umat menyadari bahwa hukuman yang menimpa mereka adalah konsekuensi atas sikap mereka yang tidak berkenan di hadapan Allah.

Allah selalu memberi kesempatan kepada umat untuk mau berubah dari sikap hidup yang tidak berkenan. Namun seringkali umat tidak menyadari akan hal itu. Allah menghendaki umat menyadari bahwa Allah telah memilih mereka untuk menjadi saksi-saksi-Nya. Allah menghendaki umat hidup kudus dan berkenan dihadapan Allah. Agar melalui hidup yang benar bangsa-bangsa lain bisa mengenal Allah.

Jangan sia-siakan kesempatan yang Allah anugerahkan bagi kita. Saatnya umat Allah mengevaluasi dan memperbaiki diri. Jangan terus hidup dalam kegelapan. Namun jadilah anak-anak terang yang menerangi kegelapan dunia.

Refleksi
Sudahkah aku hidup berkenan dihadapan Allah? Sudahkah aku menjadi saksi Allah bagi sesama? Sudahkah keselamatan yang Allah anugerahkan aku pertanggungjawabkan dengan hidup berkenan dihadapan-Nya?

Tekadku
Ya Allah mampukan kami untuk tidak menyia-nyiakan keselamatan yang Engkau telah anugerahkan. Mampukan kami untuk hidup berkenan dihadapan-Mu

Tindakanku
Tekun dalam belajar firman Allah. Membangun relasi yang baik dan akrab dengan sesama di persekutuan dan masyarakat.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«