suplemenGKI.com

Kemenangan Kristus Jaminan Kemenangan Kita

Pertanyaan Penuntun Pemahaman Alkitab

  1. Ayat 1-4: Persoalan apakah yang terjadi di atas tahta sehubungan dengan gulungan kitab yang ada? Bagaimana perasaan Yohanes?
  2. Ayat 5-6: Siapakah yang pada akhirnya layak membuka gulungan kitab tersebut?
  3. Ayat 7-8: Apa yang terjadi ketika Anak Domba itu menerima gulungan kitab?
  4. Ayat 9-10: Mengapa Anak Domba itu yang akhirnya layak membuka gulungan kitab tersebut?
  5. Ayat 11-14: Bagaimana suasana yang digambarkan di ayat-ayat tersebut?

Renungan

Bacaan hari ini menceritakan tentang sebuah gulungan kitab yang menyingkapkan masa depan bumi dan kerajaan Allah.  Tidak ada seorang pun yang layak membukanya dan ini membuat Yohanes sebagai penerima wahyu menjadi sangat sedih (ay. 4), karena tidak ada seorang pun yang bisa mengungkapkan rahasia masa depan bumi dan kerajaan Allah.  Dan itu berarti Yohanes maupun kita semua akan hidup dalam keadaan yang serba tidak menentu, tidak ada jaminan dan pengharapan akan terjadi sesuatu yang baik di masa depan kita.

Tetapi puji nama Tuhan karena ternyata ada yang layak membuka gulungan kitab tersebut, yaitu Yesus Kristus. Dialah satu-satunya yang layak. Sebab Yesus telah membuktikan kemenanganNya dengan darahNya di kayu salib.  Tidak ada kuasa lain yang lebih hebat dariNya.  Perhatikan bahwa Anak Domba yang disebutkan itu mempunyai 7 tanduk dan 7 mata (ayat 6) yang melambangkan kesempurnaan kemenangan dan kekuasaanNya.  Hal ini berarti jelaslah bahwa Yesus Kristus yang memegang kendali atas sejarah dunia dan umat manusia, bukan iblis dan kejahatan manusia.  Tidak heran jika kemudian keduapuluh empat tua-tua dan empat makhluk, bahkan seluruh malaikat surga dalam ayat 9, 11-14 menyanyikan pujian bagi Kristus.  Jika kebenaran seperti itulah yang kita pegang, maka melalui nyanyian pujian semua makhluk, kita diingatkan untuk memusatkan diri pada pujian dan penyembahan, terus beriman kepada Kristus, bukan kepada yang lain.

Paskah yang baru kita peringati membawa kita kembali pada kemenangan Kristus.  Peringatan Paskah mungkin sudah berlalu, tetapi penghayatan kita terhadap Paskah tidak boleh ikut berlalu.  Karena itu ketika kita kembali menjalani hari-hari kita dengan beban-beban hidup yang mungkin masih sama, biarlah cara kita menyikapi, atau menghadapinya sekarang berbeda. Kita menjadi lebih kuat, lebih beriman karena kemenangan Kristus juga berarti adalah kemenangan kita orang-orang yang percaya kepadaNya.  Karena itu Jangan pernah tergoda untuk percaya kepada kuasa-kuasa yang lain, dan janganlah pernah meninggalkanNya.

Hanya dalam Kristus yang telah menang atas segala sesuatu kita dapat meletakkan pengharapan dan jaminan atas masa depan yang indah bersamaNya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

1 Comment for this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*