suplemenGKI.com

Kamis, 14 Maret 2013

13/03/2013

PEMELIHARAAN  TUHAN

 

2 Raj 4:1-7

Pengantar
Sesuatu yang sudah biasa kita lakukan atau kerjakan secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang cukup lama akan membuat kita terbiasa dan merasa biasa-biasa saja. Seakan-akan semuanya memang harus terjadi demikian, bahkan kita bisa lupa akan pemeliharaan Tuhan tiap hari karena kita merasa bahwa semuanya memang harus begini. Mari kita mencoba memahami pemeliharaan Tuhan dari hari ke hari lewat  bacaan hari ini.

Pemahaman
Ay 1       Apa yang sedang terjadi pada istri-istri para nabi?

Ay 2       Apa jawaban nabi Elisa atas persoalan di atas?

Ay 3-4   Apa yang diperintahkan oleh nabi Elisa terhadap seorang janda nabi tersebut?

Ay 5-6   Apa yang terjadi dalam keluarga janda nabi tersebut?

Ay 7       Apa yang dikatakan nabi Elisa terhadap janda nabi tersebut?

Keadaan ekonomi Isreal waktu itu kurang baik, sehingga banyak orang yang kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan dan akhirnya banyak juga yang terpaksa bekerja sebagai budak. Dari antara mereka ternyata ada juga janda-janda nabi yang mengalami hal yang sama yaitu kesuliatan untuk mendapatkan makananan, sehingga untuk memenuhi hal tersebut, mereka banyak berhutang dengan orang-orang yang meribakan uangnya. Sehingga pada waktunya untuk  membanyar, mereka tetap tidak memiliki uang dan para penagih hutang mau mengambil anaknya untuk dijadikan/dijual sebagai budak.

Melihat keadaan keluarga yang diancam, dan anaknya mau dijadikan budak, maka para janda-janda nabi berteriak kepada nabi Elisa. Nabi Elisa bertanya tentang apa yang dipunyai  di dalam rumah tersebut, janda itu menjawab hanya sebuah buli-buli berisi minyak, hal ini menunjukkan juga betapa menderitanya mereka,barang-barang mereka sudah dijual semua untuk membayar hutangnya dan masih saja kurang.

Nabi Elisa menyuruh janda tersebut untuk meminjam bejana-bejana kosong dari tetangganya dan setelah itu masuk bersama-sama dengan anak-anaknya dan menutup pintu, setelah itu menuangkan minyak itu ke dalam semua bejana yang ada.

Terjadilah hal yang luar biasa, semua bejana-bejana yang tadinya kosong sekarang berisi penuh minyak. Dan nabi Elisa memerintahkan untuk menjual dan membayar hutangnya, selebihnya untuk menghidupi mereka.

Refleksi
Renungkanlah, apakah saya selama ini menyadari akan pemelihaan Tuhan dari hari ke hari? Atau saya anggap bisakah pemeliharaan Tuhan dalam hidup saya ini?

Tekadku
Tuhan Yesus, ajarkan kepada saya untuk menyadari akan pemelihaanMu di dalam kehidupan saya setiap hari, jangan biarkan saya menganggap semuanya yang telah Engkau berikan kepada saya merupakan hal yang biasa-biasa saja, sehingga akhirnya saya sulit untuk mengucap syukur kepadaMu.

Tindakanku
Hari ini saya akan berdoa khusus mengucap syukur untuk pemeliharaan Tuhan dalam hidup saya, baik melalui keluarga saya, teman sekantor, teman gereja serta dengan orang yang saya jumpai hari ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«