suplemenGKI.com

Kamis, 14 Juni 2018

13/06/2018

Bacaan : Mazmur 92 : 13 – 16

Tema : Orang benar harus menjadi berkat

PENGANTAR
Bagaimana seharusnya umat percaya ( orang benar ) menjalani hidupnya/berperan di tengah-tengah lingkungannya ? untuk mengerti peran umat di tengah-tengah lingkungan, pemazmur memberikan dua gambaran kehidupan. Ada dua jenis pohon yang disebutkan berbarengan dalam bacaan Mazmur hari ini. Yang pertama : pohon kurma dan kedua adalah pohon Aras Libanon. Mengapa dikatakan bahwa orang benar akan  bertunas seperti pohon kurma dan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon. Bagaimana sebenarnya karakteristik dari kedua pohon tersebut. Marilah kita merenungkan.

PEMAHAMAN

  1. Mengapa orang benar di gambarkan seperti pohon kurma dan pohon aras Libanon ? ( ayat 13-16 ).
  2. Pelajaran apa yang dapat kita petik dari penggambaran itu ?

Pertama : Orang benar di gambarkan seperti pohon Kurma.

Para musafir/pengembara padang gurun, pada saat panas terik seringkali akan bertemu dengan fatamorgana. Fatamorgana adalah sebuah tipuan mata yang sering dialami para pengembara yang berada di tengah panas terik. Mereka seolah-olah melihat ada sumber mata air tetapi ketika didekati ternyata tidak ada sumber mata air. Para pengembara akan berbahagia jika mereka bertemu dengan pohon kurma. Mengapa ? karena di dekat pohon kurma itu tumbuh maka di sekitarnya akan ada oase/mata air. Maka mereka akan bersukacita ketika di padang pasir mereka menemukan pohon kurma, dimana pohon kurma tidak mungkin tumbuh tanpa air artinya dimana pohon kurma tumbuh dapat dipastikan bahwa disekitarnya ada sumber mata air. Buah kurma sendiri di kenal sebagai buah yang banyak mengandung nutrissi sehingga dapat memberi kekuatan dan kesehatan. Lalu bagaimana  pohon kurma itu dapat tumbuh di padang pasir/gurun ? Ketika biji kurma di tanam, maka akan ditaruh batu besar diatasnya dan akarnya akan menembus ke dalam tanah hingga puluhan meter untuk mencari air. Setelah mendapatkan air maka pohon kurma akan tumbuh keatas mengangkat batu penutup, dan tumbuh terus menjadi pohon yang sangat kuat. Jika pemazmur mengatakan bahwa orang benar akan bertunas seperti pohon kurma itu berarti bahwa orang benar akan memiliki akar yang kuat dan mampu tegar berdiri di tengah berbagai hambatan dan akan mampu terus bertumbuh dan menghasilkan buah. Sebagaimana pohon kurma maka orang-orang benarpun harus bisa menjadi penyegar bagi lingkungannya yang tandus.

Kedua : Orang benar digambarkan seperti pohon aras yang tumbuh subur.

Pohon aras dikenal sebagai pohon yang kuat dan tidak mudah lapuk. Semakin tua usia pohon maka kayu akan semakin kuat. Pohon aras Libanon adalah pohon yang tahan terhadap segala macam cuaca. Biasanya pohon aras di pakai sebagai pilar penyanggah utama dalam bangunan istana bahkan Bait suci. Jika orang benar digambarkan seperti pohon aras itu berarti bahwa orang percaya harus terus bertumbuh menjadi lebih kuat…..dan lebih kuat lagi. Sekalipun situasi tidak berpihak kepadanya orang benar akan tetap menjadi kuat dan dibutuhkan menjadi pilar penopang kehidupan. Jika anda adalah umat percaya seperti pohon aras maka kehadiran anda pasti akan dibutuhkan.

REFLEKSI
Renungkan : Apakah anda adalah orang benar yang digambarkan seperti pohon kurma dan aras ?

TEKADKU
Ya Tuhan, kiranya kehadiran saya menjadi berkat dan dibutuhkan oleh lingkungan.

TINDAKANKU
Untuk menjadi berkat dan dibutuhkan maka saya harus dekat dengan Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«