suplemenGKI.com

Kamis, 14 Juni 2012.

13/06/2012

Bacaan : MaRKUS 4 : 26-29.

ALLAH YANG MEMEGANG RAHASIA KEHIDUPAN.

Penulisan perumpamaan tentang benih yang tumbuh ini kurang rinci sehingga perumpamaan ini menjadi cerita yang sederhana. Di dalam perumpamaan ini  tidak disebutkan  mengenai persiapan tanahnya, curah hujan, sinar matahari, pemupukan dan lain sebagainya. Kehidupan petaninyapun hanya terlihat parallel yakni tidur pada waktu malam, aktif kembali pada pagi hari, menyabit pada waktu musim panin.

Pertanyaan penuntun.

  1. Apa yang menjadi pesan utama dalam perumpamaan ini ?
  2. Apa yang dimaksud dengan benih ?
  3. Bagaimana peran petani dalam perumpamaan ini ?
  4. Peran siapa yang tidak terlihat dalam perumpamaan ini ?

RENUNGAN.

Perumpamaan ini adalah satu-satunya perumpamaaan yang hanya diceritakan dalam injil Markus. Kerajaan Allah sesungguhnya bermakna pemerintahan Allah dan menunjuk pada kehendak Allah yang terlaksana secara sempurna di bumi seperti di sorga. Walaupun perumpamaan ini singkat namun berisi kebenaran-kebenaran yang tidak dapat di ragukan.

Pertama : perumpamaan ini bertutur bahwa manusia [petani] hanyalah alat Tuhan.
Dalam perumpamaan ini manusia [petani] hanya berperan sebagai alat, ia hanya menabur benih. Petani itu tidak tahu dan tidak mengerti bagaimana benih itu akan bertunas dan bertumbuh. Mungkin ia hanya merawat, menyiram, melihat  pertumbuhan benih tersebut walaupun ia tidak mengerti kapan tanamannya bertumbuh. Satu-satunya yang harus petani lakukan adalah menunggu dengan sabar waktu panin akan tiba. Dalam hal hubungannya dengan para pelayan Tuhan adalah bahwa para pelayan Tuhan hanyalah alat yang menaburkan benih Firman Tuhan.

Kedua. : perumpamaan ini bertutur tentang Kerajaaan Allah.
Kerajaan Allah diumpamakan benih yang tumbuh secara nature akan terus bertumbuh menjadi besar lalu mengeluarkan bulir  atau buah sampai pada saat dimana musim panin telah tiba walaupun pertumbuhan itu sendiri tidak diketahui namun pertumbuhan itu akan terus berlangsung secara tetap dan ada Tangan Tuhan yang penuh kuasa memberi pertumbuhan. Kerajaan Allah akan terus bertumbuh semakin hari akan terus bertumbuh semakin besar sampai kepada waktu akhir zaman.

Ketiga : perumpamaan ini bertutur tentang penyempurnaan.
Ada saatnya bahwa musim panin itu akan tiba. Dan tidak dapat dielakkan bahwa pada musim panin petani akan memetik buah yang baik untuk dikumpulkan akan tetapi disisi lain semak duri juga akan dikumpulkan untuk dibakar. Disini panin dan penghukuman akan berjalan seiring. Itulah berita tentang akhir zaman. Untuk itu kita patut memperhatikan. Pertama : kita diajak untuk bersabar menanti kedatanganNya. Kedua : kita diajak untuk berharap dan terus percaya. ketiga : kita diajak untuk tetap siap sedia atau berjaga-jaga. Supaya kita tetap menjaga iman kita.

Bagaimana dengan saudara ? apakah yang sudah saudara lakukan untuk kerajaan Allah ? tahukah bahwa saudara hanya bertugas untuk menaburkan benih kerajaan Allah ? sudahkah saudara lakukan ?

 

Kita hanyalah alat yang dipakai Tuhan untuk kemasyuran Kerajaan Allah”

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«