suplemenGKI.com

TUHAN MENYERTAI KERJA KERAS KITA

Mazmur 126:4-6

 

Pengantar
Kesuksesan apa saja yang pernah Saudara alami? Tentu kesuksesan dicapai bukan hanya dengan“membalik telapak tangan” melainkan ada sebuah kerja keras di dalamnya. Apakah Saudara juga telah memohon TUHAN untuk ikut campur di perjuangan hidup Saudara? Marilah kita merenungkannya. 

Pemahaman 

  • Ayat 4     : Bagaimana Sion mengimani bahwa selalu ada pertolongan TUHAN?
  • Ayat 5-6 : Bagaimana Saudara merespon hasil dari kerja keras yang telah Saudara  lakukan?

Pada pembahasan kemarin, kita telah melihat bahwa Sion berharap agar TUHAN memulihkan. Pada bacaan ini konteksnya masih sama, Pemazmur menggambarkan bahwa Sion meminta pemulihan dari kesengsaraan yang dialami. Namun, uniknya, Pemazmur menceritakan keadaan pulih seperti batang air kering di Tanah Negeb yang dipulihkan. Negeb adalah wilayah yang sangat kering di selatan Yehuda. Pemazmur mengandaikan sebuah keadaan jika Tanah Negeb menjadi tidak kering (dipulihkan). Apakah hal itu bisa terjadi? Tentu hal itu bisa saja terjadi, tetapi pemulihan itu bukanlah berasal dari usaha manusia tetapi dari TUHAN. Kita tahu kekuatan TUHAN melampaui kekuatan manusia, sehingga segala sesuatu tidak ada yang mustahil bagi TUHAN.

Berdasarkan kekuatan yang datangnya dari TUHAN, Sion berharap untuk dipulihkan. Jika kita selama ini telah berupaya bekerja keras agar kita dapat merasakan pemulihan hidup, maka marilah kita menyadari bahwa  yang diperlukan bukan hanya kerja keras kita tapi juga campur tangan TUHAN. Sion yang sedang mengalami kesulitan pun meminta pemulihan dari Tuhan, sebab sukacita yang pernah mereka alami bukanlah hasil upaya mereka saja. Mereka yakin bahwa TUHAN menyertai dan memberkati usaha mereka.

Refleksi
Dalam keheningan, pikirkanlah apakah pekerjaan yang Saudara tekuni berkenan di hadapan TUHAN? Apakah Saudara dapat merasakan campur tangan TUHAN dalam setiap pekerjaan yang Saudara lakukan? Tindakan apa yang Saudara lakukan untuk mensyukuri berkat dan campur tangan TUHAN dalam pekerjaan sehari-hari?


Tekadku
TUHAN, mampukanlah aku untuk selalu melibatkan Engkau dalam setiap pekerjaanku sebab aku yakin Engkaulah sumber kekuatan dan berkat yang melampaui kemampuanku.  Bila aku sedang terpuruk dalam pekerjaan maupun karya hidup yang lain, mampukanlah aku untuk selalu percaya bahwa Engkau tidak membiarkan aku berjuang sendirian.

Tindakanku
Aku mau menempatkan TUHAN di nomor pertama dan utama dalam pekerjaan dan karya hidupku di mana pun. Untuk itu aku akan akan selalu berjuang untuk bekerja dengan semangat, jujur dan takut akan TUHAN apapun rintangan dan kesulitan yang harus ku hadapi

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«