suplemenGKI.com

Kamis, 13 Mei 2021

12/05/2021

DIPILIH & DIPERSATUKAN MENJADI SAKSI-NYA

Kisah Para Rasul 1:15-17, 21-26

 

Pengantar
Bagaimanakah perasaan saudara ketika dipilih menjadi salah satu pengurus badan pelayanan gereja? Senang dan bersyukur, ataukah takut jika tak mampu berkarya sehingga menolak ajakan pelayanan yang diberikan? Saudara, melayani Tuhan adalah kesempatan dan anugerah yang Tuhan berikan kepada kita. Jika kita dipilih, maka hal itu berarti bahwa Tuhan tahu seberapa jauh potensi yang ada dalam diri. Dia bukan hanya memilih kita, melainkan juga mempersatukan kita dengan saudara seiman agar semakin diperlengkapi bagi kemuliaan nama-Nya. Saudara, bacaan kita pada hari ini menceritakan tentang salah seorang yang dipilih dan dipersatukan untuk melengkapi jumlah 12 rasul.

Pemahaman

  • Ayat 15-17    : Apa yang dilakukan oleh para murid dalam menantikan kedatangan Roh Kudus?
  • Ayat 21-22    : Apa syarat yang ditetapkan dalam proses pemilihan salah seorang rasul yang akan menggantikan Yudas?
  • Ayat 24-26    : Bagaimanakah sikap para murid dalam menentukan dan memilih salah seorang yang akan bergabung dengan mereka?

Ketika para murid menanti kedatangan Roh Kudus, mereka bukan hanya berdoa dan berkumpul saja, melainkan juga menyiapkan diri dan menggalang kekuatan untuk menjalankan tugas pengutusan yang mereka miliki.  Para murid harus kembali melengkapi jumlah 12 rasul. Hal ini terjadi karena salah seorang dari mereka, yakni Yudas Iskariot telah mati. Dikatakan oleh Petrus bahwa orang yang dipilih harus seseorang yang mengenal Yesus sejak awal pelayanan-Nya sampai akhir (ayat 21-22). Orang itu harus mengenal Yesus dengan baik, turut merasakan dan mengalami segala pengajaran suka dan duka, sehingga siapapun yang terpilih akan mampu menjadi saksi yang kuat. Selain itu, tugas sebagai seorang saksi Kristus tidaklah mudah, karena orang itu akan memfasilitasi perjumpaan umat dengan Kristus dan memelihara iman orang percaya.

Kemudian diusulkan 2 orang, yaitu Barsabas dan Matias (ayat 23). Mengingat bahwa tugas sebagai seorang saksi bukan perkara ringan, maka para murid tidak gegabah dalam menentukan pilihannya. Mereka mengambil sikap untuk berdoa memohon hikmat dan pimpinan Tuhan, agar orang yang terpilih dapat mengemban tugas sebagai seorang rasul, dan dengan lengkapnya para rasul maka tugas pelayanan juga semakin lengkap. Setelah berdoa, mereka membuang undi bagi keduanya, dan yang terpilih untuk menggantikan Yudas Iskariot adalah Matias (ayat 26). Dengan demikian lengkaplah jumlah 12 rasul dan mereka dipersatukan untuk memberitakan tentang Kristus bagi banyak orang.

Refleksi
Tuhan memanggil umat-Nya untuk menjadi saksi-Nya dan untuk saling memelihara iman. Tugas kesaksian itu tidak boleh berhenti, tetapi harus dipelihara dan dinyatakan dalam kehidupan sehari-hari, baik bersama dengan keluarga, komunitas sekitar, komunitas gereja, dan di manapun kita berada. Siapkah saudara untuk menjadi saksi Kristus dalam berbagai kondisi kehidupan? 

Tekadku
Tuhan, ajarlah aku untuk berserah penuh kepada-Mu. Mampukanku agar bersedia hidup menjadi saksi kebaikan-Mu. 

Tindakanku
Mulai hari ini, aku mau menjadi saksi bagi Kristus dengan belajar melakukan satu kebaikan bagi orang lain dan belajar untuk terlibat dalam salah satu pelayanan gereja agar makin diperlengkapi bagi kemuliaan nama-Nya.  .

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»