suplemenGKI.com

Yohanes 3:1-13

“Tahu atau Kenal Yesus?”

 PENGANTAR

Kalau kita mengenal seseorang dan ingin sekali untuk bersahabat dengannya, apakah cukup dengan hanya mengetahui namanya, atau alamatnya saja? Ataukah kita ingin tahu juga sifat-sifatnya, pemikiran dan harapannya? Hal-hal ini membuat kita merasa cocok, senang dan nyaman bersahabat dengannya bukan? Mengetahui Yesus saja tidak cukup, kita harus mengenal Dia, bahkan menjadi sahabatNya dan rekan sekerjaNya.

PEMAHAMAN

  1. Ayat 1-3: Bagaimana awalnya Nikodemus mengetahui tentang Yesus?
  2. Ayat 4-5: Apakah makna kelahiran kembali?
  3. Ayat 6-8: Apakah pentingnya dilahirkan kembali?
  4. Ayat 9-13: Apakah Nikodemus memahami makna perkataan Yesus?

Nikodemus datang kepada Yesus dengan pengetahuan akan keberadaan Yesus sebagai seorang Rabi/Guru. Perjumpaannya dengan Yesus membuat banyak konsep yang sudah terbentuk dalam pikirannya mengalami goncangan. Yesus menyatakan bahwa Nikodemus belum sungguh-sungguh mengenal Allah yang disembah dan dilayaninya. Yesus menunjukkan kepada Nikodemus kalau ingin mengenal Allah, ia harus dilahirkan kembali dari Roh Kudus.

Nikodemus seorang guru besar, pimpinan agama yang terhormat, namun dia gagal memahami makna pengenalan akan Allahnya. Bagaimana dengan kita? Sudah berapa lama kita menjadi Kristen? Apakah selama ini kita sudah benar-benar mengenal Allah yang kita sembah dan kita ikuti tuntunanNya? Apabila selama ini kita sudah aktif melayani di gereja, apakah kita sedang melayani diri kita sendiri ataukan kita melayani karena memahami apa yang Allah ingin kita lakukan dalam pelayanan kita? Keyakinan pelayanan yang dilandaskan pada pengenalan akan Allah yang kita layani dan memahami betul-betul maksud dan tujuan yang ingin dinyatakan Allah melalui pelayanan kita akan membuat pelayanan kita menjadi bermakna dan menjadikan berkat bagi banyak orang.Allah akan memimpin dan menunjukkan jalanNya kepada orang-orang yang sungguh-sungguh mencari dan rindu mengenal Dia.

REFLEKSI

Renungkan sejenak, apakah selama ini saya sudah mengenal siapa Allah yang saya sembah dan saya layani? Apakah saya benar-benar memahami apa yang Tuhan mau untuk saya lakukan dalam hidup dan pelayanan saya?

 

TEKAD
Ya Tuhan Yesus, ampunilah kami yang selama ini hidup dan melayani hanya karena ingin melaksanakan tujuan hdup kami sendiri. Ampunilah kami apabila selama ini pelayanan kami hanya untuk menyenangkan diri kami sendiri. Ampuni kami yang kurang sungguh-sungguh mencari dan mengenal Engkau dengan lebih dekat.

 TINDAKAN

Mulai hari ini saya akan menempatkan pengenalan akan Tuhan sebagai prioritas utama dalam hidup dan pelayanan saya. Saya akan melayani dengan lebih sungguh karena keyakinan saya akan panggilan Allah untuk menggenapi maksud dan tujuan Allah melalui hidup saya. Amin.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«