suplemenGKI.com

Kamis, 13 Juli 2017

12/07/2017

Berkat Tercurah

Mazmur 65:10-14

 

Pengantar
Dalam sebuah acara, banyak orang menyukai bagian yang paling akhir yakni pembagian doorprize. Orang berharap bisa beruntung dan mendapat kesempatan untuk memenangkan. Kalau kita merasa begitu beruntung ketika memenangkan undian doorprize maka sesungguhnya kita akan merasa lebih beruntung karena Allah membanjiri kita dengan berkat-berkat-Nya.

Pemahaman

  • Ayat 10-13a: Apa yang dilakukan oleh Allah?
  • Ayat 13b-14: Bagaimana respons atas perbuatan tangan Allah?

Mazmur ini menggambarkan karya Allah yang mencurahkan berkat. Berkat Allah dicurahkan bukan pada saat – saat tertentu saja tapi dalam kehidupan sehari-hari, dalam ladang pekerjaan dan kehidupan semua makhluk-Nya. Berkat Allah dirasakan tercurah dalam kehidupan pertanian yang menjadi mata pencaharian umat. Di ayat 10, Allah mengindahkan tanah. Allah begitu peduli akan ladang pekerjaan umat-Nya. Allah membuat tanah lembab hingga tumbuhan pun dapat tumbuh dengan baik. Allah juga  mengaruniakan kelimpahan dan membuat tanah menjadi kaya. Dia memberikan kesuburan kepada tanah itu. Ayat 10 juga menyatakan batang air Allah  penuh air, gandum pun akan disediakan bagi mereka.

Kalimat “batang air Allah penuh air” juga  dikaitkan dengan ayat 11. Bagian ini menggambarkan Allah yang mengoperasikan sistem irigasi, karena alur bajak terairi, tanah pun dikatakan basah sehingga tanaman tumbuh subur. Inilah karya perbuatan Allah yang mencurahkan berkatNya atas kehidupan manusia.

Ayat 12 dengan jelas mengatakan bagaimana Allah memahkotai tahun dengan segala kebaikan-Nya. Ini berarti di sepanjang tahun selalu ada kebaikan Tuhan. Untuk segala perbuatan tangan Tuhan ini, maka Pemazmur mengucap syukur atasnya. Ayat 13 dan 14 menggambarkan ungkapan syukur Pemazmur. Bahkan bukan hanya Pemazmur yang bersyukur tapi juga seluruh ciptaan Tuhan bersorak-sorai dan bernyanyi.

Refleksi
Apakah Anda juga merasakan berkat Tuhan yang tercurah? Apa yang Anda punya saat ini? Pekerjaan? Keluarga? Rumah? Kendaraan? Bukankah itu semua berkat yang Tuhan curahkan untuk Anda? Sudahkah Anda bersyukur untuk segala yang Anda miliki saat ini.

Tekadku
Ya Tuhan, mampukan aku untuk mengucap syukur senantiasa

Tindakanku
Aku tidak mau mengeluh hari ini, sebaliknya aku hanya mau mengucap syukur kepada Tuhan atas segala berkat dalam segala aspek kehidupan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*