suplemenGKI.com

Melihat Namun Tidak Percaya

Bacaan Yoh 6:35-40

 

Pengantar
Banyak orang yang sulit mempercayai sesuatu karena mereka belum melihat, sehingga kalau ia/mereka sudah melihat maka mereka akan mudah menjadi percaya dengan apa yang kita katakan dan kita buktikan. Namun bagaimana tanggapan saudara dengan orang yang sudah melihat namun sulit percaya atau mempercayainya? Pemahaman
Ay 35, Apa yang menjadi latar belakang Yesus mengatakan:”Akulah Roti Hidup”?

Ay 36, Mengapa Yesus mengatakan hal yang demikian: Sungguhpun kamu telah melihat Aku, kamu tidak percaya?

Ay 37, Apa yang dijanjikan Tuhan Yesus kepada orang banyak?

Ay 38-40, Apa yang menjadi kehendak Bapa bagi Yesus?

Banyak orang yang mau mengikuti rombongan Yesus, karena Yesus semakin dikenal dan semakin terkenal di kalangan orang-orang Yahudi. Orang-orang ingin terus melihat apa yang dilakukan dan dikerjakan oleh Yesus, bahkan mereka juga ingin mendengarkan pengajarannya. Namun rupanya Yesus juga tahu apa yang menjadi motivasi mereka mengikuti Yesus dan rombongannya, yaitu mereka menjadi kenyang ketika Yesus membuat mujizat 5 roti dan 2 ikan dapat memberi makan banyak orang (5000 orang laki-laki) dan sisa 12 bakul. Motivasi yang salah inilah yang hendak diluruskan oleh Yesus, bahwa hidup seharusnya bukan  hanya untuk makanan atau materi saja, namun juga untuk hal-hal yang kekal. Maka Yesus mengatakan: “Akulah Roti Hidup, barangsiapa datang kepadaKu, ia tidak akan lapar lagi dan barangsiapa percaya kepadaKu, ia tidak akan haus lagi”. Yesus ingin mereka memahami bahwa yang memberikan roti dari sorga (manna) bukan Musa namun BapaNya. Maka Yesus mengingatkan mereka untuk percaya kepadaNya, sebagai Roti yang datang dari Surga yang diberikan Bapa kepada dunia.

Yesus juga berjanji kepada mereka bahwa siapa yang datang kepadaNya tidak akan ditinggalkanNya. Yesus menjelaskan kepada mereka bahwa Ia telah turun dari surga untuk melakukan kehendak BapaNya. Kehendak Bapa di Surga bagi Yesus adalah memelihara mereka yang telah percaya kepada Yesus, supaya mereka tidak hilang atau tersesat, serta bagi mereka yang percaya kepada Yesus juga mendapatkan hidup yang kekal dan turut dibangkitkan pada akhir zaman.

Namun sayang bagi mereka yang telah melihat Yesus dan melihat pekerjaan yang dilakukanNya, mereka tetap tidak mau percaya(ay 36). Bagaimana dengan kita sebagai orang yang tidak pernah melihat Yesus? Apa yang kita perbuat kepadaNya?

 

Refleksi
Ambil waktu sejenak untuk merenungkan, seberapa dalam kita percaya kepada Tuhan Yesus?

Ketika kita melihat kebaikan Tuhan Yesus kepada kita, apakah iman kita bertumbuh?

Tekad
Ya, Tuhan sering kali kami melihat akan kebesaranMu dan kebaikanMu bagi kehidupan kami, namun seringkali hal ini tidak dapat menumbuhkan iman kami kepadaMu, ampunilah kami ya Tuhan.

Tindakanku
Pada hari ini, saya akan mensyukuri  hal-hal yang berjalan dengan rutin,untukmelihat bahwa Tuhan tetap mengasihi saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«