suplemenGKI.com

HUKUMAN BAGI YANG TIDAK SETIA

Zefanya 1:7, 12-18

 

Pengantar
Kesetiaan adalah salah satu nilai yang penting di dalam kehidupan. Orang yang setia pasti mampu berpegang teguh pada janji dan pendiriannya. Orang yang setia tidak mudah diombang-ambingkan kondisi kehidupan. Kesetiaan itu juga berlaku dalam iman percaya setiap orang. Orang yang selalu mampu setia pada Tuhan dan juga selalu mampu menerapkan Firman-Nya, tentu memiliki nilai lebih di dalam kehidupan.

Pemahaman

  • • Ayat 7                   : Apa yang menjadi kunci bagi orang percaya di hari Tuhan?
  • • Ayat 12-13           : Siapa yang akan menerima hukuman?
  • • Ayat 14-18           : Bagaimana cara memahami hari Tuhan dalam bacaan ini?

Alkitab banyak menuliskan tentang gambaran hari Tuhan. Dalam beberapa hari ke depan, kita akan bersama memahami berbagai maksud dari hari Tuhan yang akan datang. Tujuannya adalah agar setiap orang percaya selalu mampu mengubah hidupnya semakin lebih baik dan tetap setia kepada Tuhan.

Nilai kesetiaan itulah yang menonjol pada maksud hari Tuhan di kitab Zefanya. Zefanya adalah seorang nabi yang melakukan pelayanannya pada masa pemerintahan Yosia. Tugas Zefanya adalah menyampaikan nubuat tentang peringatan kepada orang-orang Yehuda yang lebih senang menyembah berhala daripada menyembah Tuhan. Zefanya juga menyampaikan seruan pertobatan kepada mereka yang tidak lagi setia kepada Tuhan. Dalam kitab Zefanya, kita akan menemukan nuansa hari Tuhan yang penuh dengan hukuman karena pertobatan itu tidak diindahkan oleh orang-orang Yehuda. Di sisi lain, Tuhan tidak hanya menyampaikan hukuman, tetapi juga menyampaikan janji keselamatan bagi mereka yang mau bertobat dan berbalik kembali untuk setia penuh kepada-Nya. Maka dari itu, seruan Zefanya untuk berdiam diri di hadapan Tuhan adalah hal yang penting. Pada bagian ini, berdiam diri yang dimaksudkan adalah teguh dan fokus kepada Tuhan. Tuhan sudah menyediakan perjamuan untuk para undangan-Nya (ayat 7). Hal ini berlaku untuk mereka yang sungguh-sungguh setia penuh kepada-Nya. Dengan melihat konteks kehidupan pada saat itu, seruan ini menjadi seruan yang sangat kuat karena banyak orang yang tidak lagi setia kepada Tuhan.

Maka, Zefanya juga menyampaikan tentang hukuman bagi mereka yang tidak setia kepada Tuhan. Zefanya memperingatkan kepada semua umat-Nya bahwa hari Tuhan sudah dekat. Ia akan menyelematkan mereka yang percaya dan setia, namun hukuman akan datang bagi mereka yang masih terus jauh dari-Nya. Tuhan mencari mereka yang hatinya sudah mengental, yang semakin sulit diubah, juga mereka yang tidak lagi mampu menemukan Tuhan dalam berbagai kebaikan yang Ia beri di tengah kehidupan. Kondisi ini adalah kondisi yang sangat jauh dari kenyamanan dan kesejahteraan hidup. Bahkan, tidak akan ada yang bisa menyelamatkan kemarahan Tuhan atas perbuatan-perbuatan yang sudah mereka lakukan selama ini. Di balik semua itu, janji Tuhan tetap nyata untuk mereka yang mau berbalik dan bertobat. Mereka yang selama ini tidak menaruh hati kepada Tuhan akan diselamatkan jika benar dan sungguh-sungguh memberi diri untuk setia kepada-Nya (Zef.3:20).

Refleksi
Kesetiaan menjadi nilai yang penting dalam hidup kita sehari-hari, terutama dalam hidup dan mengenal Tuhan setiap waktu. Kesetiaan kita akan selalu diuji setiap kali kita berhadapan dengan hal-hal yang sangat mungkin menjauhkan kita dari kehendak Tuhan. Namun, Tuhan selalu menyediakan jalan pertobatan bagi kita yang rindu untuk selalu setia kepada-Nya. Nubuat Zefanya bukanlah nubuat penyebar ketakutan, tetapi nubuat untuk segera bertobat dan kembali kepada-Nya. Marilah kita juga memakai hari ini untuk menguatkan kesetiaan kita kepada Tuhan! Jika ada hal-hal yang tidak berkenan di hadapan-Nya namun masih sering kita lakukan, kita memakai kesempatan ini untuk bertobat dan selalu setia di jalan-Nya. 

Tekadku
Tuhan, buatlah saya rindu untuk selalu setia kepada-Mu di berbagai tantangan kehidupan. Ampuni saya jika saya melakukan hal yang tidak berkenan kepada-Mu.

Tindakanku
Saya akan berusaha untuk tidak lagi melakukan dosa yang selama ini saya biarkan di dalam kehidupan saya sebagai tanda bahwa saya mau setia kepada Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«