suplemenGKI.com

Kamis, 12 Juni 2014.

11/06/2014

Bacaan : 2 Korintus 13 : 11-13.

Harapan dan Berkat.

PENGANTAR
Jemaat Korintus adalah jemaat yang besar, yang berada di kota besar. Berbagai macam latar belakang sosial ekonomi, budaya, pendidikan, peradaban mewarnai jemaat korintus. Berbagai macam persoalan juga muncul dan menggoyang jemaat Korintus, juga berbagai macam karunia Tuhan anugerahkan kepada jemaat Korintus namun mereka tidak menghargainya. Sudah menjadi tanggung jawab Paulus, untuk menolong memecahkan persoalan, membimbing, menasehati jemaat Korintus agar mereka tetap utuh dan menjadi berkat bagi yang lain. Dan akhirnya Paulus menaruh harapan kepada mereka. Apa harapan Paulus ?

PEMAHAMAN.

1. Apa harapan rasul Paulus kepada jemaat Korintus yang diasuhnya ? ( ayat 11-12)

2. Mengapa rasul Paulus memberikan kata-kata berkat kepada jemaat Korintus ?
(ayat 13)

Sebagai seorang pelayan Kristus, tentunya rasul Paulus mengharapkan agar jemaat Korintus  dapat menerima semua ajaran rasul-rasul dan setiap nasehatnya serta dapat melakukan hal-hal yang baik. Ia mengharapkan sesuatu terjadi bagi jemaat Korintus. Apa itu ?

Pertama : Paulus berharap mereka maju didalam iman. Kehidupan kristen tidak boleh berhenti pada satu titik dimana ia merasa sudah dewasa secara rohani. Walaupun ia sudah berada dijalan kebenaran /dijalan Allah namun ia harus terus lebih baik dalam pengenalan akan Allah ataupun dalam kesaksian hidupnya.

Kedua : Paulus berharap agar jemaat Korintus mendengarkan nasehat-nasehatnya. Nasehat-nasehat Paulus ada yang lembut tapi ada juga yang keras, oleh sebab itu mereka harus berbesar hati untuk mendengarkan nasehat yang keras.

Ketiga : Paulus berharap agar jemaat Korintus hidup dalam suasana seia-sekat dan damai. Setiap jemaat Tuhan sesungguhnya beribadah kepada Tuhan sumber damai sejahtera, oleh sebab itu mereka tidak akan bisa datang beribadah kepada Tuhan dengan hati  yang benci dan dendam kepada sesama. Hidup saling mengasihi diantara jemaat harus terlihat nyata.

Dan akhirnya agar jemaat Korintus dapat menjalankan fungsinya sebagai gereja yang mengasihi Tuhan dan sesama maka Paulus memberikan doa berkat. Hal itu diperlukan jemaat Korintus  agar mereka dapat menjalani perjalanan mereka yang sulit dan berat  dengan damai Allah. Dan semestinya kitapun mengharapkan seperti itu. Mari kita melangkah dalam perjalanan hidup kita yang sulit ini di dalam damai Tuhan. Amin.

REFLEKSI
Apakah selama ini kita menjadi jemaat-jemaat maju didalam iman, yang berbesar hati mendengar nasehat dan hidup berdamai dengan sesama jemaat ?

TEKADKU
Ya Tuhan ampunilah saya, jika selama ini saya menjadi jemaat yang tidak mau maju, yang tidak mau mendengar nasehat dan sombong. Tolonglah saya untuk bangkit dari keterpurukan saya.

TINDAKANKU.
Mulai hari ini saya akan menjadi jemaat yang berdamai dengan jemaat lain. Saya tidak akan mendendam.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«