suplemenGKI.com

Bacaan : Mazmur 50:7-23

 

IBADAH YANG SEJATI

 

PENGANTAR
Ibadah selalu dipahami oleh umat Allah sebagai upacara seremoni dimana umat memuji nama Allah dan memberikan persembahan. Umat tidak pernah memahami bahwa ibadah merupakan sebuah tindakan nyata, total dan menyeluruh, dari umat kepada Allah. Allah menghendaki bukan hanya puji-pujian dan persembahan, tetapi juga sikap hidup yang benar dan berkenan kepadanya.

PEMAHAMAN

Ayat 7-15: Seperti apakah ibadah yang berkenan dihadapan Allah? Bagaimana bentuk persembahan yang berkenan dihadapan Allah? Apakah akibat dari persembahan yang benar dan berkenan dihadapan Allah?

Ayat 16-23: Bagaimanakah sikap hidup yang berkenan dihadapan Allah? Apakah janji  Allah bagi umat yang hidup berkenan dihadapan-Nya?

Umat Allah seringkali terjebak pada pemahaman ibadah yang sempit, dalam pengertian bahwa ibadah seremonial yang dilakukan oleh umat tidak dibarengi dengan sikap hidup yang berkenan dihadapan Allah. Hal ini ternyata menjadi perhatian Allah. Allah mengecam sikap hidup umat yang tidak taat pada firman-NYA, tidak setia kepada-NYA, dan yang menabur kebencian pada sesamanya. Allah menolak persembahan umat yang sikap hidupnya bertentangan dengan kehendak dan perintah-NYA.

Allah menghendaki umat beribadah dengan benar dihadapan-NYA. Ibadah yang didasarkan pada ketulusan dan kejujuran kepada Allah. Ibadah yang nyata dalam sikap hidup yang selalu bersyukur, taat dan setia kepada Allah, dan menyatakan kebaikan pada semua orang. Ibadah yang demikian akan mendatangkan berkat dan keselamatan dari Allah.

 

REFLEKSI
Sudahkah kita selalu bersyukur kepada Allah? Sudahkah kita taat dan setia kepada Allah? Seperti apakah hubungan kita dengan sesama? Sudahkah kita melakukan hal-hal baik bagi sesama kita? Ataukah kita masih hidup dalam keegoisan?

 

TEKADKU
Ya Allah, kami menyadari bahwa kami belum sepenuhnya beribadah dengan benar dihadapan-MU. Kami pergi ke gereja untuk beribadah, kami tekun membangun persekutuan, namun kami mengabaikan firman-MU. Kami hidup mementingkan diri kami sendiri. Oleh sebab itu ya Allah, tolonglah kami untuk mengubah sikap hidup kami. Ingatkan kami untuk selalu bersyukur kepada-MU. Mampukan kami taat dan setia. Dan mampukan kami melakukan kebaikan dalam hidup kami. Amin

 

TINDAKANKU
Mulailah dengan belajar memperhatikan keberadaan sesama disekitar kita. Dalam doa dan dalam setiap hal, belajarlah untuk selalu mengucap syukur. Terus membangun keakraban dengan Allah melalui doa, persekutuan dan pelayanan.

 

 

—————————————————————————–

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*