Tantangan sebagai Pengikut Yesus

Pada bagian ini Tuhan Yesus mengingatkan kepada para pengikutNya, bahwa mengikut Tuhan Yesus tidak selalu hidup dalam kedamaian dengan semua orang. Ada saat atau masanya bahwa sebagai pengikut Kristrus, kehadiran kita tidak disukai oleh orang lain bukan karena kelalukan kita yang buruk tapi karena kita percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita.

  1. Menurut anda mengapa Tuhan Yesus mengatakan bahwa Ia datang membawa pertentangan?
  2. Apakah pertentangan itu harus terjadi?
  3. Apa yang Yesus kritik dari orang banyak tersebut?
  4. Pelajaran apakah yang  saudara dapat dari bacaan ini?

Renungan

Kedatangan Yesus di dalam dunia ini membawa keselamatan dan kedamaian, karena Yesus datang memulihkan hubungan yang telah rusak antara manusia dengan Allah. Sehingga di dalam Yesus kita dapat memiliki hubungan yang baik dengan Allah Bapa. Keselamatan dan kedamaian yang diberikan oleh Yesus, bukan secara duniawi dimana Mesias memerintah sebagai raja duniawi. Namun keselamatan disini berkaitan dengan keputusan untuk menerima atau menolak Yesus yang menjadi Tuhan dan Juru selamat dunia ini. Keputusan besar antara menerima atau menolak Mesias inilah yang akan menyebabkan pertentangan, perpisahan, perlawanan, perselisihan dengan sesama manusia bahkan sesama anggota keluarga. Hal inilah yang diungkapkan Yesus ketika berbicara dengan orang banyak dan murid-muridNya. Yesus ingin mempersiapkan para pengikutnya sejak dini supaya mereka tidak kaget dan gugup menghadapi perubahan yang akan terjadi ketika mereka mengambil keputusan untuk menjadi pengikutNya.

Yesus juga mengkritik pemuka agama Yahudi, yang tidak dapat menilai zaman ini, bahkan Yesus mengganggap mereka hidup di dalam kemunafikan. Ibaratnya seperti orang yang dapat menilai dan memahami tanda-tanda alam disekelilingnya, apakah mau datang hujan dan panas, mereka bisa menilainya. Namun terhadap kedatangan Tuhan  Yesus, mereka tidak mau tahu dan tidak mau memahami zaman tersebut. Mereka menikmati apa yang telah mereka lakukan selama ini yaitu hidup di dalam kemunafikan. Mereka seperti orang yang rohani namun hidup mereka tidak dekat dengan Tuhan yang mereka sembah, secara lahiriah mereka beribadah secara batiniah mereka jauh dari Tuhan.

Yesus mengingatkan kepada pengikutNya bahwa akan ada tantangan yang besar dari jaman ini, dan setiap orang harus mengambil keputusan yang benar agar mereka tidak mendapat hukuman yang kekal. Mereka yang tidak memahami bahwa Yesus adalah Mesias dan bahwa dengan kemunculan Yesus berarti Kerajaan Allah sudah datang, mereka inilah yang tidak mau bertobat dan mereka pasti akan menuai akibatnya.

Maka berbahagialah bagi kita yang menjadi pengikutNya, karena kita memahami dengan baik “rahasia-rahasia Kerajaan Allah” ini.

Menjadi pengikut Kristus yang benar berarti kita memahami apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam hidup ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*