suplemenGKI.com

Kamis, 11 Mei 2017

10/05/2017

Asupan Yang Menyehatkan

1 Petrus 2:2-3

 

Pengantar
Seorang bayi yang baru lahir hingga berusia minimal 6 bulan harus diberikan air susu yang murni dari ibu atau ASI ekslusif. ASI merupakan sebuah asupan yang menyehatkan bagi tubuh sang bayi. Bayi yang minum ASI pastilah tumbuh sehat dan kuat. Ternyata bukan hanya bayi yang butuh susu. Orang-orang percaya juga membutuhkan susu rohani untuk pertumbuhan imannya. Marilah kita merenungkannya.

Pemahaman

  • Ayat 2        : Apa manfaat air susu rohani bagi setiap orang percaya?
  • Ayat 3        : Bagaimana orang percaya bisa senantiasa merindukan air susu rohani itu?

ALLAH menyelamatkan umat-Nya seperti bayi yang baru lahir. Bayi yang baru lahir perlu diberi minum susu agar ia bertumbuh sehat. Dalam perikop ini susu menjadi metafora Firman TUHAN. ALLAH memberi pertumbuhan kepada anak-anak-Nya dengan memberikan Firman TUHAN yang bagaikan susu murni yang disesuaikan dengan kadar pertumbuhan dan kebutuhan bayi. Itulah kebaikan TUHAN yang kita rasakan dalam pertumbuhan iman kita. Bayi membutuhkan susu murni yaitu Firman ALLAH sendiri.

Ayat 2 mengatakan “Jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan rohani”. Kata-kata Yunani yang dipakai dalam ayat 2 memberikan gambaran tentang seorang bayi yang tidak sabar dan lahap meminum susu ketika sudah tiba waktunya. Jadi Petrus sebelumnya telah berbicara tentang bekerjanya Firman Allah di dalam pembaharuan mereka (1:23-25). Sekarang dia mendorong mereka yang baru dilahirkan kembali itu untuk mengembangkan suatu dahaga yang sehat terhadap Firman yang murni seperti halnya susu. Sebagaimana bayi yang membutuhkan asupan yang menyehatkan bagi tubuhnya maka kita sebagai orang percaya pun membutuhkan asupan rohani yang menyehatkan. Bagaikan bayi yang membutuhkan air susu murni supaya tubuh mereka yang tadinya ringkih menjadi lebih kuat, maka setiap kita orang percaya pun membutuhkan air susu rohani untuk membuat kita menjadi seorang pribadi yang lebih kuat.

Di dalam kehidupan di dunia ini orang percaya menghadapi berbagai kesulitan hidup, atau berbagai pergumulan lain yang bisa menggoyahkan iman. Air susu rohani yang dianalogikan sebagai air susu murni atau ASI yang murni akan menyehatkan serta menguatkan orang percaya dalam segala tantangan yang harus dihadapi di dunia.

Seberapa haus Saudara akan susu murni Firman TUHAN? Seberapa lahap Saudara menikmati Firman TUHAN? Terkadang kesibukan membuat kehausan akan susu murni Firman TUHAN tak dapat dinikmati. Padahal bila kita tidak memiliki waktu untuk menikmati Firman TUHAN, maka pertumbuhan rohani kita akan terhambat, mengalami gangguan dan tidak sehat.  Oleh karena itu sesibuk apa pun atau betapa besar persoalan yang harus dihadapi, tetaplah menyediakan waktu untuk menikmati Firman TUHAN dengan lahap dan terus bertumbuhlah!

Refleksi
Sudahkah Anda menikmati santapan Anda hari ini? Lihatlah santapan yang Anda makan, apakah itu menyehatkan? Lalu sudahkah Anda menikmati santapan rohani yang menyehatkan dan menguatkan Anda hari ini?Apakah Anda telah mengecap kebaikan TUHAN melalui Firman-Nya setiap hari?

Tekadku
Ya Tuhan, mampukanlah aku memiliki hati yang selalu lapar dan haus untuk menikmati air susu atau santapan rohani yang akan membuatku menjadi pribadi yang kuat dan terus bertumbuh sehat dalam iman.

Tindakanku
Aku mau lebih rajin menikmati asupan rohani yang menyehatkan dengan membaca Alkitab setiap hari dua pasal dan menyediakan waktu setiap hari untuk bersaat teduh.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»