suplemenGKI.com

Kamis, 11 Maret 2021

10/03/2021

Mazmur 107:17-22

 

“KEBAIKAN TUHAN TETAP LEBIH BESAR DARI PENDERITAAN KITA”

Pengantar:
Hampir sebagian besar: Persoalan, Pergumulan dan Penderitaan hidup manusia bersumber dari kesalahan atau keteledoran dirinya sendiri. Mengapa demikian, karena tidak jarang manusia melakukan segala sesuatu hanya berdasarkan pertimbangan dan keputusannya sendiri tanpa melibatkan Tuhan di dalamnya, sehingga tidak jarang berujung pada 3P: Persoalan, Pergumulan dan Penderitaan. Maka benarlah firman Tuhan dalam Amsal 16:25 berkata “Ada jalan yang disangka lurus, tetapi ujungnya menuju maut”. Saudara, sadar atau tidak kita juga sering mengalami 3P karena kesalahan kita sendiri. Namun hari ini ada kabar baik bahwa masih ada Tuhan yang selalu dapat kita andalkan dalam hidup kita.

Pemahaman:

1)      Apa pesan penting yang hendak disampaikan pemazmur dalam syair ayat 17-18?

2)      Apa yang hendak diajarkan Pemazmur di saat mengalami 3P? (v. 19)

3)      Apa pula yang hendak diingatkan pemazmur dalam ayat 20-22?

Saudara, tidak bisa dipungkiri seringkali kita harus mengalami Persoalan, Pergumulan dan Penderitaan termasuk sakit-penyakit adalah karena ulah kita sendiri, pernahkah kita menyadarinya? Pemazmur menegaskan bahwa orang bisa sakit karena kelakuan yang berdosa, karena kesalahan dan hilang selera makanpun karena kesalahan diri sendiri. Hal-hal demikian memang seringkali tidak kita sadari, itu sebabnya pemazmur mengingatkan kita agar kita belajar mengintrospeksi diri. Salah satu bentuk mengintrospeksi diri adalah bagaimana sikap dan keputusan kita ketika mengalami 3P itu. Pemazmur mengingatkan agar segera berseru kepada Tuhan memohon pertolongan-Nya. Bukan hanya supaya Tuhan memulihkan atau menyembuhkan kita, tetapi lebih dari pada itu berseru kepada Tuhan adalah bentuk pengandalan kita yang utuh kepada Tuhan sehingga kita tidak lagi tergoda untuk menjalani hidup ini dengan semau kita sendiri, melainkan selalu melibatkan Tuhan dalam hidup kita. Ketika kita selalu melibatkan Tuhan dalam hidup kita maka kita tidak lagi semberono dengan pola hidup, pola makan dan gaya hidup kita tetapi menghargai hidup ini dengan selalu bersyukur atas segala kebaikan Tuhan. Dan yang perlu diingat juga adalah sebagai manusia yang lemah kita tetap bisa mengalami 3P, tetapi yang membedakannya adalah kita tetap menjadi orang yang mampu bersyukur kepada Tuhan, karena sekalipun kita mengalami 3P tetapi kebaikan Tuhan masih tetap jauh lebih besar dari masalah hidup kita.

Refleksi:
Saudara, apakah kita pernah menyadari bahwa seringkali sakit-penyakit, persoalan, pergumulan hidup terjadi itu adalah karena kesalahan kita sendiri? Jika kita menyadarinya, maka kita akan belajar menata hidup dengan baik sebagai wujud syukur atas hidup kita.

Tekadku:
Tuhan, ajarlah kami untuk selalu menyadari kesalahan dan kekurangan diri, sehingga tidak cenderung menyalahkan Tuhan ketika mengalami persoalan, penderitaan dan pergumulan.

Tindakanku:
Mari kita menyadari bahwa penderitaan, pergumulan, masalah itu terjadi karena kesalahan kita sendiri, dan mulai menata hidup yang baik sebagai wujud ungkapan syukur pada Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«