suplemenGKI.com

Kamis, 11 Juli 2019

10/07/2019

BERSYUKUR ATAS KARYA TUHAN

Kolose 1:1-8

 

Pengantar
Surat ini ditulis oleh Paulus yang adalah rasul oleh kehendak Allah dan juga Timotius. Surat ini ditujukan kepada saudara-saudara yang kudus dan yang percaya dalam Kristus Yesus di Kolose. Hal utama yang disampaikan Paulus dalam suratnya dan menjadi ciri khas dalam penulisan surat kepada setiap penerima surat yang pertama adalah Paulus selalu mengucapkan salam: “Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita menyertai kamu” (Ay. 2). Paulus tidak mengenal dekat jemaat di Kolose, tetapi ia ingin menjalin persaudaraan dengan mereka. Paulus juga mengucap syukur kepada Tuhan atas jemaat di Kolose. Hal apa sajakah yang Paulus syukuri? Mari kita renungkan!

Pemahaman

  • Ayat 1-3 : Hal utama apakah yang disampaikan Paulus kepada jemaat di Kolose di dalam suratnya?
  • Ayat 4-8 : Apakah yang patut disyukuri oleh Paulus atas jemaat di Kolose?
  • Pernahkah kita bersyukur atas pemberitaan Injil di tengah dunia dan pertumbuhan gereja kita?

Pertama, Paulus bersyukur atas karya Tuhan Yesus dalam kehidupan umat yang mau menerima Injil Yesus Kristus (Ay. 4-5). Jemaat di Kolose telah menyambut dan menerima Injil yang disampaikan oleh Epafras, sedangkan Epafras mendengar berita Injil dari pemberitaan rasul Paulus ketika di Efesus (Kis. 19:10). Kedua, Paulus bersyukur atas karya Tuhan Yesus dalam kehidupan umat yang setia menjadi murid Kristus. Paulus menghargai sikap jemaat untuk menjadi murid Tuhan Yesus melalui Epafras, hingga mereka bisa mengenal kasih karunia yang sebenarnya (Ay. 6). Epafras menjadi murid setia yang menjadi teladan bagi orang percaya yang ada di Kolose (Ay. 7). Dia jugalah yang telah menyatakan atau menceritakan perkembangan iman di jemaat Kolose kepada Paulus.

Rasul Paulus dan teman-temannya selalu bersyukur dalam setiap pelayanan dan karya Tuhan melalui pemberitaan Injil melalui mereka. Hal ini mereka lakukan untuk mengingat bahwa Allah patut menerima hormat dan pujian atas karya-Nya, yang menarik mereka dari kegelapan ke dalam terang. Itu adalah pekerjaan Tuhan yang sangat istimewa bukan hasil manusia. Ia menyadari bahwa kenyataan pemberitaan Injil dan pertumbuhan iman jemaat Kolose berpusat pada karya Yesus Kristus. Maka ia patut untuk bersyukur. Sikap yang selalu bersyukur atas segala sesuatu inilah yang patut kita teladani dari dalam diri Paulus. Kita hendaknya selalu mensyukuri karya Tuhan dalam pemberitaan Injil dan pertumbuhan iman di gereja kita. 

Refleksi
Renungkanlah: Masihkah kita ingat siapakah orang yang Tuhan kirim untuk memperkenalkan Injil kepada kita? Sudahkah kita bersyukur dengan keberadaannya? Sudahkah kita bersyukur atas karya Tuhan bagi keluarga kita karena telah menerima Injil?

Tekadku
Ya Tuhan, tolong ingatkan saya untuk selalu mengucap syukur kepada-Mu atas karya yang Engkau lakukan sehingga pemberitaan Injil bisa terus menggema di dunia ini.

Tindakanku
Saya akan selalu mensyukuri karya Tuhan Yesus dalam membangun dan memelihara gereja-Nya di seluruh dunia di dalam doa saya hari ini dan seterusnya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«