suplemenGKI.com

Mazmur 139:13-18

MEMBANGUN SIKAP TAKUT DAN HORMAT KEPADA TUHAN

 

Pengantar
Kemajuan ilmu kedokteran saat ini sangat mengagumkan. Jika kita melihat berbagai peralatan medis di rumah sakit kita bisa mendapati bahwa seluruh peralatan itu digunakan untuk mengetahui kondisi organ tubuh manusia hingga yang paling dalam. Misalkan saja seperti mesin USG, mesin pemeriksaan mata dan lain sebagainya. Dengan peralatan medis saat ini manusia bisa melihat langsung berbagai kerumitan yang ada dalam tubuh manusia dengan seluruh mekanismenya.

Pemahaman

Ayat 13-14    Apa yang melatarbelakangi rasa syukur pemazmur?

Ayat 15-18    Apa yang membuat pemazmur takjub?

Pemazmur menyadari bahwa TUHAN telah menciptakan manusia dengan luar biasa. TUHAN tidak hanya menciptakan manusia begitu saja, namun juga telah merencanakan kehidupan manusia dan membangun masa depannya (ayat 13,15,16). Pemazmur takjub atas pekerjaan tangan TUHAN yang begitu rumit dan sulit terjelaskan (ayat 17-18). Itulah sebabnya pemazmur bersyukur atas segala sesuatu yang TUHAN sudah kerjakan (ayat 14).

Bersyukur karena  Allah telah menciptakan manusia. Allah menciptakan manusia dengan penuh kasih sayang. Allah juga merancang kehidupan dan masa depan manusia. Bersyukur atas seluruh mekanisme kehidupan yang tertata dengan indah. Bersyukur dan bersyukur, itulah seharusnya yang dilakukan oleh umat Allah. Pemazmur mengajarkan kepada setiap orang untuk bersyukur atas segala sesuatu yang TUHAN sudah kerjakan. Rasa syukur memperlihatkan bahwa manusia takut dan hormat kepada Allah.

Seringkali manusia tidak menyadari bahwa Allah telah menciptakan dirinya dengan keajaiban dan luar biasa. Manusia lupa bersyukur. Manusia seharusnya menunjukkan rasa syukur dengan sikap takut dan hormat kepada TUHAN. Saat ini kita menyaksikan bahwa rasa takut dan hormat kepada TUHAN semakin terkikis. Manusia hidup seenaknya dan melakukan apa yang menguntungkan dirinya. Manusia tidak lagi peduli pada apapun bahkan tidak peduli pada TUHAN. Hidup dan kehidupan telah TUHAN anugerahkan kepada manusia, sudah selayaknya hidup dan kehidupan dijalani dengan penuh tanggungjawab.

Refleksi
Sadarkah kita bahwa hidup dan kehidupan adalah anugerah TUHAN? Sudahkah kita memiliki rasa takut dan hormat kepada Allah? Menyadari bahwa hidup dan kehidupan adalah anugerah TUHAN akan membantu kita memahami bahwa kita adalah ciptaan TUHAN dan sudah seharusnya mempersembahkan hidup untuk TUHAN.

Tekadku
Mampukan kami untuk hidup bertanggungjawab dengan memperlihatkan sikap hidup yang baik dan benar dihadapan-MU ya, Allah.

Tindakanku
Tekun mempelajari firman TUHAN agar memiliki pedoman dalam bertingkah laku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«