suplemenGKI.com

ELIA DAN ELISA

2 Raja-raja 2:1-15

 

Pengantar
Jika ada saudara, teman, atau sahabat yang akan pindah tempat tinggal atau pindah ke tempat kerja yang baru, kita merencanakan acara perpisahan. Acara itu diselenggarakan dalam nuansa kebersamaan sambil memberi pesan dan kesan kepada mereka yang akan pergi melanjutkan kehidupannya di tempat atau lingkungan yang baru. Tidak selamanya perpisahan mudah dilakukan. Apabila sudah memiliki relasi yang erat dengan orang tersebut, maka yang muncul bukan hanya tawa canda, tetapi juga ada air mata. Hari ini kita akan merenungkan kisah perpisahan antara Elisa dengan Elia yang naik ke surga.

Pemahaman

  • Ayat 1-7               : Mengapa Elisa terus mengikuti Elia?
  • Ayat 8-15             : Apakah Elisa tidak siap untuk ditinggalkan oleh Elia?

Salah satu kisah seorang nabi di Alkitab yang tidak berakhir dengan kematian adalah kisah nabi Elia. Kisah Elia yang naik ke surga menjadi satu rangkaian besar karya penyelamatan Allah melalui Mesias yang hadir di tengah dunia dalam Yesus Kristus. Kesinambungan ini nanti akan kita renungkan bersama dalam beberapa hari ke depan.

Peristiwa naik ke surga menjadi peristiwa puncak dalam pelayanan Elia bagi bangsa Israel. Elia berperan besar dalam perjalanan bangsa Israel, terutama dalam menyampaikan pesan-pesan dari Tuhan bagi kehidupan pemerintahan pada saat itu. Elia dianggap sebagai salah seorang nabi yang berani mengkritik pemerintahan yang tidak benar terutama mereka yang berlari menjauh dari Tuhan. Peran Elia yang begitu kuat pada masa pelayanannya membuat Elisa sulit untuk melepas kepergian Elia ke surga, walau Elisa telah mengetahui bahwa kenaikan Elia ke surga akan terjadi pada waktunya.

Kisah ini didominasi dengan percakapan antara Elia yang menyampaikan berita kenaikannya ke surga, sedangkan Elisa bernegosiasi dengan Elia agar tidak meninggalkannya. Setiap kali Elia meminta agar Elisa tetap tinggal, Elisa tetap ingin mengikuti Elia. Pernyataan dan respons yang berulang terus disampaikan oleh Elia dan Elisa. Hingga pada akhirnya, rombongan nabi yang mengikuti mereka berhenti di seberang sungai Yordan. Elia dan Elisa melanjutkan perjalanan dengan menyeberangi Sungai Yordan.

Kisah ini menjadi lebih personal ketika percakapan mereka berlanjut tentang apa yang diinginkan oleh Elisa dari Elia. Pernyataan Elisa tentang permintaan “mendapat dua bagian dari rohmu” (ayat 9) menunjukkan Elisa tidak ingin melepas kepergian Elia. Uniknya, Elia juga tidak menjawab dengan penolakan tetapi dengan persyaratan apabila Elisa melihatnya naik ke surga, maka permintaannya akan terwujud. Pada akhirnya, kisah ini berpuncak pada saat Elisa menyaksikan Elia naik ke surga. Roh itu ada pada Elisa dan Elisa mampu melakukan seperti apa yang dilakukan oleh Elia. Bangsa Israel yang tengah menanti Elisa pun sujud menyembah.

Dalam kehidupan ini, kita terkadang tidak menyadari bahwa Tuhan selalu menyertai dan menaungi kita. Peristiwa pada masa Perjanjian Lama ini mengajarkan kepada kita bahwa Roh Tuhan akan selalu menyertai setiap anak-Nya. Kekuatiran Elisa akan perjalanan hidupnya yang ditinggalkan oleh Elia menunjukkan bahwa manusia memiliki kecenderungan untuk bergantung bukan kepada Tuhan. Dalam karya-Nya, Tuhan dapat memakai berbagai cara dan juga termasuk ketika Elisa mendapatkan Roh Tuhan untuk ia melanjutkan karya pelayanannya bagi bangsa Israel. 

Refleksi
Kita sering bergantung pada kemampuan seseorang yang bisa diandalkan. Apabila orang itu tidak lagi dapat menolong kita, maka mudah bagi kita untuk segera kecewa dan tidak lagi bersemangat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kita. Padahal, Tuhan selalu menyertai kita melalui Roh-Nya agar kita semua mampu berkarya dan tidak hanya bergantung kepada manusia. Tuhan selalu menghadirkan Roh Kudus untuk menjaga hati kita dan memimpin kita di tengah kehidupan. 

Tekadku
Tuhan, saya bersyukur atas kehadiran Roh-Mu yang mampu memimpinku menjalani berbagai liku kehidupan ini.

Tindakanku
Dalam upaya untuk mensyukuri kehadiran Roh-Nya, saya mau belajar mengembangkan kemampuan diri atau talenta di dalam kehidupan setiap hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«