suplemenGKI.com

Kamis, 11 April 2019

10/04/2019

WASPADA SENANTIASA

1 Yoh 2:18-28

 

Pengantar
                Berperang melawan musuh yang terlihat atau nampak adalah mudah, karena kita dapat mendeteksi siapa lawan kita. Namun kalau lawan kita tidak terlihat dan dia ada diantara kita, maka hal itu sangat sulit diatasi. Seperti istilah musuh dalam selimut, bahwa musuh kita juga bersama-sama dengan kita. Maka untuk menghadapi musuh yang demikian dibutuhkan kewaspadaan yang sungguh-sungguh. 

Pemahaman
Ay 18, Apa yang rasul Yohanes ingatkan tentang akhir jaman?
Ay 19, Siapakah antikristus itu?
Ay 20-21, Apa yang membedakan orang percaya dengan antikristus?
Ay 22-23, menurut Yohanes siapakah antikristus itu?
Ay 24-25, Apa yang dijanjikan bagi orang yang setia?
Ay 26-28, Apa yang Yohanes nasihatkan kepada orang yang percaya?

Rasul Yohanes mengingatkan kepada setiap orang percaya bahwa pada akhir jaman akan muncul banyak orang yang antikristus. Kalau antikristus itu datangnya dari luar orang-orang yang percaya maka kita mudah untuk mendeteksi dan melihatnya. Namun rasul Yohanes mengingatkan bahwa antikristus juga bisa datang dari antara kita. Maksudnya datang dari antara orang-orang yang percaya, dan mereka membawa orang-orang yang lemah imannya untuk mengikuti ajarannya yang menyesatkan. Tentunya hal ini sangat sulit sekali bagi orang-orang yang beriman hanya asal katanya pemimpinnya.

Yohanes menjelaskan ciri khas orang percaya yaitu mengetahui kebenaran sejati, tidak suka berbohong dan hidup dalam iman kepada Yesus Kristus. Kehidupan orang percaya tidak mungkin dapat ditutupi-tutupi, kehidupannya terbuka dan dapat disaksikan semua orang sebagai orang yang benar, jujur dan bersih.

Sedangkan antikristus adalah orang yang menyangkal Yesus Kristus dan tidak mengakui Allah Bapa. Orang ini tidak hidup dalam Kristus tapi dalam kehendak dirinya sendiri. Orang ini pernah mengenal Kristus, namun akhirnya menyangkali Yesus Kristus sebagai juru selamatnya bahkan melawan orang-orang yang percaya pada Yesus.

Rasul Yohanes mengingatkan untuk kita waspada pada orang-orang yang akan menyesatkan kita, maka pengajaran dan hidup dari orang-orang tersebut harus diuji dalam terang Firman Tuhan. Maka kepada orang-orang percaya yang setia sampai akhir hidupnya, Tuhan berjanji memberikan kehidupan yang kekal.

Maka sebagai orang-orang yang percaya tinggal di dalam Kristus terus menerus ini sangat penting sekali, karena kedatangan Kristus adalah kepastian dan hanya menunggu waktunya tiba. Biarlah kita boleh kedapatan sebagai orang-orang yang setia sampai akhir hidup kita.

Refleksi
Ambil waktu dan renungkan: Apakah saudara sungguh-sungguh hidup di dalam Kristus? Apakah saudara sudah benar-benar waspada terhadap segala bentuk penyesatan yang dilakukan oleh orang-orang yang mengaku percaya kepada Yesus namun ternyata tidak demikian?

Tekadku
Ya Tuhan, sering kali kami malas untuk bersungguh-sungguh hidup dalam Yesus. Sehingga kami mudah diombang-ambingkan oleh rupa-rupa pengajaran yang sesat. Ampunilah kami ya Tuhan.

Tindakanku
Hari ini saya mau belajar Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh, sehingga saya dimampukan membedakan rupa-rupa pengajaran yang benar dan yang menyesatkan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«