suplemenGKI.com

Kamis, 1 Maret 2018

28/02/2018

TAURAT TUHAN, KESUKAAN HATIKU

Mazmur 19:8-11

 

Pengantar
Ada begitu banyak orang Kristen yang mulai jarang membaca Alkitab. Alasan yang sering dikemukakan adalah kurang menemukan waktu yang tepat untuk membaca Alkitab, sementara ada begitu banyak kegiatan yang dilakukan sepanjang harinya. Sangat disayangkan jika Alkitab hanya sebagai pajangan. Padahal Alkitab berisi Firman Allah yang menjadi pedoman umat percaya sepanjang masa. Oleh karena itu, di berbagai gereja mulai digalakkan kelompok pertumbuhan untuk meningkatkan semangat dan kecintaan jemaat terhadap Kitab Suci.  Renungan hari ini akan mengingatkan kembali mengapa kita harus mencintai Firman Allah itu.

Pemahaman

  • Ayat 8-10       : Apa sajakah keunggulan dari Taurat Tuhan?
  • Ayat 11          : Apa makna Taurat Tuhan itu “lebih indah dari pada emas dan lebih manis daripada madu” ?

Ada enam keunggulan Taurat Tuhan yang kita temukan pada ayat 8-10, yaitu:

  1. Taurat Tuhan itu Sempurna, menyegarkan jiwa. Kata “sempurna” memiliki pengertian terpisah dari segala kenajisan dan kecemaran. Taurat Tuhan yang sempurna itu menyegarkan jiwa agar hidup mengalami pemulihan dan damai sejahtera dari Allah.
  2. Perintah Tuhan itu teguh, memberi hikmat kepada orang yang tak berpengalaman. Hal ini mengandung pemahaman bahwa perintah Tuhan dalam Taurat-Nya mengandung suatu kebenaran yang pasti dan mendidik, serta mengarahkan agar orang percaya agar hidup dalam pengharapan.
  3. Titah Tuhan itu tepat, menyukakan hati. Semua Titah Tuhan adalah benar dan memberikan sukacita di hati kita.
  4. Perintah Tuhan itu murni, dan membuat mata bercahaya. Firman Tuhan membukakan mata dan menyadarkan kita akan segala dosa.
  5. Takut akan Tuhan itu suci, tetap ada untuk selama-lamanya. Di dalam Firman-Nya, ada hukum/perintah yang mengingatkan kita untuk selalu takut akan Tuhan. Takut akan Tuhan merupakan sikap hidup orang yang berbakti kepada-Nya.
  6. Hukum-hukum Tuhan itu benar, adil semuanya. Tidak ada satu kecurangan di dalamnya, sebab Tuhan sendiri yang empunya titah dalam hukumnya. Melalui hukum-hukum-Nya, Allah mengasihi manusia dan bertindak adil untuk menegor setiap kesalahan yang telah diperbuat umat-Nya.

Taurat Tuhan itu unggul dan sempurna, maka sudah sepantasnyalah kita memiliki rasa cinta/suka terhadap Firman Allah. Firman Allah lebih indah daripada emas dan lebih manis dari pada madu, artinya Firman Allah jauh melebihi apa yang ada di dunia ini dan memberikan kepuasan bagi jiwa yang dahaga.

Refleksi
Renungkanlah: seberapa dalamkah cinta saudara terhadap Firman Tuhan? Hal-hal apa sajakah yang membuat saudara tidak bersemangat untuk membaca dan belajar Firman Tuhan? Ingatlah, bahwa Firman Tuhan adalah investasi terbesar sepanjang masa, sebab di dalamnya berisi tuntunan agar kita hidup dalam kebenaran. 

Tekadku
Tuhan, ampuni aku bila mulai undur dari-Mu. Ajarku untuk cinta akan Firman-Mu, agar aku dapat terus bertumbuh dan semakin mengenal-Mu. 

Tindakanku
Hari ini aku akan belajar untuk mengembalikan kecintaanku terhadap Firman Tuhan, dengan teratur bersaat teduh setiap pagi sebelum memulai aktivitasku (atau sebutkan cara lain sesuai komitmen).

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«