suplemenGKI.com

ALLAH YANG MEMPERHATIKAN

Mazmur 147:7-11

 

Pengantar
Sewaktu bangsa Israel berada di gurun pasir selama 40 tahun, selama itu juga kehidupan mereka selalu dipenuhi oleh Allah. Ketika siang dengan panas terik matahari yang membakar Tuhan menyediakan tiang awan untuk menaungi mereka. Pada waktu malam Tuhan menyediakan tiang api untuk menerangi jalan mereka dan memberi mereka kehangatan supaya mereka sanggup melanjutkan perjalanan mereka.

Tuhan memperhatikan kehidupan umat Israel dan tidak pernah sekalipun luput dari pandangan Allah. Dia mencukupkan kebutuhan umat-Nya lewat berbagai macam cara yang ajaib. Mari kita melihat seperti apakah Allah yang selalu memperhatikan umat-Nya?

Pemahaman 

  • Ayat 7-9               : Apa dan siapa sajakah yang mendapat perhatian-Nya?
  • Ayat 10-11           : Seperti apakah orang-orang yang mendapat kasih-Nya?

Pemazmur menuliskan gambaran tentang Allah yang memperhatikan setiap detail karya tangan-Nya. Dia sangat bertanggungjawab atas apa yang telah dibuat-Nya.  Dia menumbuhkan berbagai macam tumbuhan di atas gunung dan memberikan makan bagi hewan-hewan sehingga setiap makhluk hidup tidak berkekurangan kasih setia-Nya.  Bila kita menyadari adanya Allah yang penuh perhatian pada seluruh ciptaan-Nya, pastilah kita akan hidup memuja dan memuliakan Dia. Ini berarti kita menghargai atau respek kepada-Nya sehingga tidak sulit untuk takut kepada-Nya dan terus menaruh pengharapan kepada-Nya.

Refleksi
Perhatikanlah tanaman di sekitar Saudara. Setiap tanaman memiliki ciri khas unik yang tidak dimiliki oleh tanaman lainnya. Mari kita renungkan betapa Allah tidak sembarangan berkarya. Dia begitu memperhatikan setiap detail ciptaan-Nya.  Apakah Saudara dapat merasakan perhatian Allah dalam setiap detail kehidupan ini?

Tekadku
Tuhan, mampukan aku untuk mensyukuri perhatian-Mu atas kehidupan ini. Pakailah aku menjadi alat-Mu untuk memberikan perhatian bagi sekitarku dan semesta ini.

Tindakanku
Aku mau menyatakan perhatianku kepada sesama lewat kasih Tuhan yang ku bagikan (mengunjungi teman yang lama tidak ke gereja, berbagi kebaikan lewat perhatian ketika sesamaku ingin berbagi cerita, bahkan mungkin berbagi berkat untuk sesama yang membutuhkan).

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«