suplemenGKI.com

IBRANI 9: 24-28

“KESELAMATAN SEMPURNA HANYA ADA DI DALAM YESUS”

 

Pernahkah kita berpikir, seandainya Allah tidak mau mengampuni dosa-dosa kita? Manusia berdosa harus menanggung hukuman dosa yaitu maut, kematian kekal. Namun karena kasihNya, Allah di dalam pribadi Yesus menggantikan manusia yang berdosa itu untuk dihukum. Sehingga di dalam kemenanganNya, Ia menjadikan kita sebagai pemenang dan menikmati kehidupan yang kekal. Hukuman dosa tidak lagi berkuasa atas orang-orang percaya melainkan jaminan keselamatan telah menjadi miliknya.

 

PERTANYAAN PENUNTUN

  1. Ayat 24: Bagaimana Anda menilai diri Anda di hadapan Kristus, setelah Anda mengetahui apa yang telah dilakukan Kristus bagi manusia berdosa?
  2. Ayat 25-26: Dampak/hasil apa yang terjadi pada hidup manusia melalui pengorbanan Kristus yang dijelaskan di ayat ini?
  3. Ayat 27-28: Setelah menerima anugerah keselamatan dari Allah, bagaimana manusia sekarang harus menjalani hidupnya dalam menyongsong kedatangan Kristus yang kedua kalinya?

 

RENUNGAN

Dosa adalah pelanggaran yang sangat serius di hadapan Allah. Dosa membuat kita terpisah dari Allah dan itu merupakan bentuk hukuman yang sangat serius dan mengerikan. Namun syukur kepada Allah karena kasih-Nya melalui Yesus Ia datang menggantikan manusia untuk memikul hukuman yang mestinya harus diterima manusia.  Hasil dari pengorbanan Kristus di kayu salib adalah memperdamaikan manusia dengan Allah, sekaligus membawa kemenangan bagi manusia melalui  kebangkitanNya.

Masih ingatkah kita akan kondisi umat di masa Perjanjian Lama? Mereka harus memberikan korban bakaran bagi Tuhan untuk pengampunan dosa mereka. Pemberian korban bakaran itu haruslah korban yang tidak bercacat.  Dan mereka yang memberikannya harus memberikan dengan penyerahan diri secara total kepada Allah dalam pertobatan. Namun meskipun demikian, korban bakaran tersebut bukanlah korban yang sempurna karena harus dilakukan berulang-ulang. Tetapi Kristus adalah korban yang Maha Sempurna yang dikorbankan hanya sekali untuk selamanya bagi penebusan umat manusia berdosa. Oleh karena itu dosa tidak lagi berkuasa atas setiap orang percaya melainkan di dalam iman kepada Kristus ia telah menjadi ciptaan yang baru.

Apakah dampak kematian Kristus hanya sebatas itu? Tidak. Kematian dan kebangkitan-Nya adalah satu rangkaian kemenangan yang membawa pengharapan bagi setiap orang percaya bahwa ketika pada akhir zaman, semua orang akan menghadap tahta pengadilan Allah. Dan yang akan menjadi hakim adalah Kristus sendiri. Bagi setiap orang yang percaya kepada Kristus, pengharapan hidup kekal bersama Kristus akan menjadi kenyataan karena iman percaya pada kematian dan kebangkitanNya.

 

Yesus menggantikan tempat kita di kayu salib untuk memberi tempat bagi kita di Surga

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«