suplemenGKI.com

Jumat, 9 Juli 2021

08/07/2021

TUHAN MEMULIHKAN

Mazmur 85:9-14

Pengantar
“GUSTI mboten sare”, ungkapan Jawa yang berarti TUHAN tidak tidur, hendak mengingatkan kita bahwa TUHAN selalu berkarya di setiap waktu. Tak dibiarkan-Nya umat-Nya terus tersesat. Tak dibiarkan-Nya umat-Nya dihimpit kesulitan dan penderitaan terus menerus. Selalu ada pertolongan dan karya pemulihan yang diberikan TUHAN pada saat yang tepat. Inilah yang juga menjadi iman dan pengharapan umat beriman  di sepanjang kehidupan. Bacaan Alkitab hari ini mengajak kita kembali mengimani hal ini. Marilah kita merenungkannya.

Pemahaman

  • Ayat 9        :  Berita apakah yang hendak didengarkan Pemazmur dari Firman ALLAH?
  • Ayat 10-14: Kondisi pemulihan seperti apakah yang akan diberikan TUHAN kepada  umat-Nya?

Mazmur 85 adalah doa umat untuk kembali meminta belas kasihan ALLAH. Mereka mengingat pemulihan yang Allah lakukan setelah mereka dihukum akibat dosa-dosa mereka (ayat 2-4 ). Kini mereka memohon lagi pada ALLAH agar Ia menyingkirkan murka-Nya berdasarkan kasih setia-Nya (ayat 5- 8). Secara tersirat, kemungkinan mereka menyeleweng lagi, sehingga ALLAH kembali menghukum mereka. Mereka menyadari dosa mereka dan berbalik pada TUHAN.  Mereka yakin ALLAH akan memberikan keselamatan-Nya pada orang-orang yang takut akan Dia. Pemazmur menjelaskan betapa nyata keselamatan yang diberikan ALLAH.  Kesatuan antara kasih dengan kesetiaan, antara keadilan dan damai sejahtera , antara bumi dan langit, menjadi pasti ketika Allah dan manusia bertemu.  Sebagai hasil dari pertemuan ini, Allah akan menyediakan apa yang dibutuhkan manusia dan menuntun mereka kepada jalan yang benar. Doa dan harapan dalam ayat 5-8 akan dijawab dengan kondisi shalom  (ayat 11- 14). Kasih, kesetiaan, kebaikan, keadilan, dan damai sejahtera yang memenuhi Israel menjadi  tanda pemulihan, bahwa ALLAH  kembali menyertai mereka.

Sesungguhnya kabar pemulihan dari ALLAH bukan hanya terjadi di zaman dulu tapi di sepanjang zaman. Maka kini ketika kita melihat dunia ini dilanda pandemi, penderitaan  ada di mana-mana, kejahatan merajalela, percayakah Saudara bahwa TUHAN sedang berkarya memulihkan kondisi ini.  Marilah menghidupi keyakinan, iman dan pengharapan akan karya pemulihan TUHAN dengan semakin hidup mendekat pada–Nya dan terus menaruh pengharapan kepada-Nya. Jangan pernah putus asa sebab TUHAN sedang berkarya. 

Refleksi:
Dalam keheningan, ingatkah kembali perjalanan hidup Saudara! Pernahkah Saudara putus asa dan lari menjauh dari TUHAN?  Kini, bayangkanlah juga TUHAN ada di dekat Saudara dan sedang berkarya memulihkan kehidupan Saudara .

Tekadku:
Ya TUHAN, jangan biarkan aku kehilangan pengharapan. Mampukanlah aku untuk terus berpengharapan akan karya pemulihan yang sedang Engkau kerjakan.

Tindakanku:

  • Aku akan terus mendekatkan diri pada TUHAN agar tak pernah kehilangan pengharapan akan karya pemulihan yang sedang TUHAN kerjakan.
  • Aku akan menguatkan orang lain yang sedang kehilangan harapan dengan mengajaknya berdoa dan memperhatikan Firman TUHAN yang memberikan keteguhan iman dan pengharapan.
Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«