suplemenGKI.com

WAKTUNYA TERBATAS

Roma 13:11-14

 

Pengantar
Apakah Anda pernah merasakan berkejaran dengan waktu? Saat kita sibuk mengerjakan banyak hal, tiba –tiba waktu sudah berganti. Siang berlalu dengan cepat berganti malam. Malam pun berlalu dengan cepat berganti pagi dan siang.  Bila waktu ini terbatas, maka kita harus mengisinya dengan tindakan yang tepat dan benar. Apakah tindakan yang dimaksud? Marilah kita merenungkannya!

Pemahaman

  • Ayat 11 -12 : Apakah yang perlu segera dikerjakan di waktu hidup yang terbatas?
  • Ayat 13        : Sikap hidup apa saja yang perlu ditanggalkan?
  • Ayat 14         : Apakah yang perlu dikenakan untuk melanjutkan hidup di waktu yang terbatas ini?

Rasul Paulus mengingatkan jemaat akan waktu yang terbatas. Waktu ( kairos ) ini berbicara tentang kesempatan yaitu keadaan waktu sekarang ini. “Saatnya akan tiba” artinya waktu ini terbatas. Oleh karena itu setiap orang dipanggil untuk meninggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan ( ay. 12).

Paulus menjelaskan apa saja perbuatan-perbuatan itu. Ada enam dosa yang disebutkannya. Enam dosa itu adalah dosa yang umum dilakukan dalam kehidupan tanpa KRISTUS.  Pertama, pesta pora (komos). Kebiasaan pada waktu itu, pesta pora  dilakukan dengan ribut di sepanjang jalan-jalan kota pada malam hari. Pesta ini merendahkan martabat manusia dan mengganggu ketenteraman orang lain. Kedua,  kemabukan ( methe). Orang Yunani sehari-hari biasa minum anggur yang telah dilarutkan bersama air untuk kesehatan namun mereka pantang mabuk. Maka kemabukan adalah  perbuatan yang memalukan. Ketiga, percabulan (koite) berarti tempat tidur. Dalam perkembangannya kemudian kata ini bermakna keinginan akan tempat tidur yang terlarang. Keempat, hawa  nafsu ( aselgia ), menggambarkan kebejatan moral di mana orang yang melakukannya telah kehilangan rasa malu. Kelima, perselisihan, (eris), adalah semangat yang timbul dari persaingan yang kotor dan tak terkendalikan. Perselisihan timbul dari keinginan untuk mendapatkan kedudukan, kekuasaan dan kehormatan yang dimiliki oleh lawan. Keenam, iri hati (zeloz),  didorong oleh keinginan untuk menyamai kemuliaan orang lain, oleh karena tidak puas  dengan apa yang dimiliki atau memandang  dengan iri hati apa yang dimiliki oleh orang lain.

Nasihat mengisi waktu yang terbatas ini ditutup dengan panggilan untuk mengenakan KRISTUS. Arti kata “mengenakan” ini dapat dipahami  seperti  orang yang mengenakan pakaian untuk melindungi diri. Maka jemaat dipanggil untuk mengenakan KRISTUS yang bagaikan perlengkapan senjata terang yang dapat menuntun kita membedakan mana yang benar dan salah sekaligus menolak perbuatan kegelapan.

Jadi bila kita mengetahui waktu atau kesempatan ini terbatas, maka dengan nafas kasih kita akan membangun kehidupan dengan kualitas hidup yang memuliakan TUHAN dan bukannya merusaknya. Kita akan mampu melakukannya bila selalu menempatkan KRISTUS di bagian utama kehidupan kita.

Refleksi
Dalam keheningan, dengarlah suara detak jam dinding. Bersyukurlah kalau Anda masih diberi kesempatan menikmati waktu anugerah Tuhan sekalipun kesempatannya terbatas. Apakah yang telah Anda lakukan di waktu yang terbatas ini? Di tengah kesibukan, apakah keluarga mendapatkan prioritas perhatian dan kebaikan  Anda? Apakah Anda telah membangun keluarga yang hidup benar ?

Tekadku
Ya Tuhan, mampukanlah aku untuk menghidupi waktu yang terbatas dengan hidup beriman yang berkualitas baik

Tindakanku
Hari ini aku akan mengatakan “tidak” pada setiap ajakan perbuatan kegelapan. Sebaliknya aku akan semakin mendekat pada Tuhan YESUS dan menempatkan KRISTUS di pusat pikiran dan hatiku. Aku tidak akan gampang mengambil keputusan sendiri melainkan akan selalu bertanya apakah yang kulakukan ini benar menurut TUHAN

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*