suplemenGKI.com

2Tesalonika 2:1-5

 

Sikap yang tepat dalam menyongsong akhir zaman

 

Pengantar:
            Tidak jarang jemaat yang tidak begitu mantap akan pengajaran firman Tuhan, terutama berkaitan dengan peristiwa kedatangan Tuhan Yesus, akan merasa bingung, terutama ketika berhadapan dengan berbagai penganjaran mengenai akhir zaman/kedatangan Tuhan Yesus. Hal demikian juga dialami oleh jemaat di Tesalonika. Kebingungan itu tentu bisa menimbulkan kesalahpahaman di antara jemaat sendiri. Mereka memiliki persepsi bahwa Tuhan Yesus akan segera datang sehingga menjadi bingung dan gelisah. Rasul Paulus merasa perlu memberikan nasihat kepada jemaat di Tesalonika. Sikap seperti apakah yang harus dimiliki jemaat Tesalonika dalam menanti kedatangan Tuhan Yesus?

Pemahaman:

  1. Apa yang hendak dinasihatkan oleh Paulus dengan pernyataannya di ayat. 2?
  2. Terkait dengan banyaknya pengajaran yang muncul di zaman akhir atau menjelang kedatangan Tuhan Yesus, apa yang perlu menjadi ketetapan hati kita?

Kedatangan Tuhan Yesus Kristus dalam kemuliaan-Nya adalah hal yang pasti, tetapi perihal waktu kedatangan-Nya tidaklah diketahui oleh siapapun. Sebab kedatangan Tuhan Yesus itu harus diawali dengan  beberapa peristiwa, salah satu peristiwa itu adalah akan dinyatakannya lebih dahulu “manusia durhaka” Yaitu orang-orang yang dengan segala karakter dan kegiatannya melawan Allah dan kebenaran-Nya, yaitu dengan meninggikan diri dan mencoba merebut kehormatan Kristus sebagai Tuhan atau dengan kata lain mereka anti dengan ke-Allah-an Kristus.  

Paulus menasihatkan, sekalipun manusia durhaka itu berusaha untuk membelokkan pemahaman tentang kebenaran Kristus, maka janganlah jemaat memberi diri disesatkan. Kata disesatkan artinya terpengaruh dan mudah goyah imannya kemudian berpaling meninggalkan imannya kepada Kristus. Di tengah-tengah banyaknya penyesatan, baiklah jemaat tetap fokus kepada Tuhan Yesus yang adalah Allah sejati.

Hal yang terpenting juga adalah selalu ingat akan pengajaran kebenaran firman yang telah diterima dari pengajaran yang sehat. Nasihat itu juga yang Paulus sampaikan kepada jemaat di Tesalonika, karena ada kemungkinan mereka akan tergiur dengan pengajaran yang tidak sehat yang dilancarkan oleh orang-2 durhaka itu.

Refleksi:
Pernahkah dalam hidupmu, pada suatu waktu merasa bingung, terkait dengan bermunculannya ajaran yang bermacam-macam saat ini? Sehingga terkadang anda merasa tidak mengerti harus memilih yang mana! Seperti Paulus mengatakan kepada jemaat Tesalonika, fokuslah kepada Kristus yang adalah Allah sejati.

Tekad:
Tuhan, mantapkan imanku kepada-Mu ketika aku merasa bingung dengan beraneka ragam ajaran-ajaran di akhir zaman ini agar aku tidak disesatkan oleh pengajaran-2 yang tidak sehat.

Tindakan:
Aku ingin selalu setia pada pengajaran dan gereja yang memfokuskan pengajaran pada Kristus Yuhan dan Juruselamatku melalui Firman Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«